Pengaruh Nilai Utilitarian Dan Nilai Hedonis Terhadap Perilaku Pascapembelian (Survei pada Pelanggan Toyota Avanza di AUTO2000 Sutoyo, Malang)
Main Author: | Ekananda, Linda Wahyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/7641/ |
Daftar Isi:
- Pemasar yang memprediksi perilaku konsumen dapat lebih mudah merancang strategi pemasaran dan pendekatan komunikasi yang sesuai untuk memengaruhi target konsumen. Konsep inti perilaku konsumen adalah motivasional untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan, meliputi banyak aktivitas seperti pemikiran dan perasaan, terdapat serangkaian proses keputusan pembelian, memiliki kompleksitas berbeda pada waktu yang berbeda pula, meliputi perbedaan peran dan dipengaruhi faktor eksternal. Motivasional yang telah disebutkan adalah dorongan berbelanja oleh serangkaian nilai. Di bidang pemasaran, nilai dipertimbangkan sebagi konsep kunci dalam memahami dan memprediksi perilaku konsumen. Dua konsep universal dari nilai pelanggan adalah nilai utilitarian dan nilai hedonis. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh 1.) variabel nilai pelanggan yang meliputi nilai utilitarian dan nilai hedonis terhadap perilaku pascapembelian; 2.) variabel nilai utilitarian terhadap perilaku pascapembelian; 3.) variabel nilai hedonis terhadap perilaku pascapembelian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian ini adalah pelanggan Toyota Avanza di AUTO2000 Sutoyo Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan menggunakan rumus Machin dan Campbell sehingga mendapatkan sampel sebanyak 100 responden. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah menyebarkan kuesioner kepada pelanggan Toyota Avanza di AUTO2000 Sutoyo Malang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hipotesis pertama dalam penelitian ini yaitu nilai utilitarian dan nilai hedonis berpengaruh secara simultan terhadap perilaku pascapembelian. Hipotesis kedua yaitu nilai utilitarian berpengaruh terhadap perilaku pascapembelian. Hipotesis ketiga yaitu nilai hedonis berpengaruh terhadap perilaku pascapembelian. Hasil penelitian ini adalah seluruh variabel nilai pelanggan yang meliputi nilai utilitarian dan nilai hedonis berpengaruh terhadap perilaku pasca pembelian yang termasuk dalam rangkaian keputusan pembelian, nilai utilitarian berpengaruh terhadap perilaku pascapembelian dan nilai hedonis berpengaruh terhadap perilaku pascapembelian.