Implementasi Tagline Pada Desain Kampoeng Pacitan Bungalow & Restoran

Main Author: Yuliani, Novia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/7622/
Daftar Isi:
  • Tagline merupakan salah satu strategi pemasaran untuk mengkomunikasikan suatu brand/produk kepada konsumennya, yang di dalamnya memiliki manfaat fungsional dan emosional brand. Kampoeng Pacitan Bungalow & Restoran merupakan salah satu akomodasi pariwisata di Kabupaten Pacitan Jawa Timur yang menerapkan tagline untuk menawarkan keunggulan produk kepada calon konsumen khususnya wisatawan. Tagline Kampoeng Pacitan “A place to eat, relax and spend the night. Enjoy your trip to Pacitan”. Dari banyaknya kata tagline yang digunakan, relax merupakan salah satu kata positif yang seharusnya dapat dibuktikan kesesuaiannya di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian implementasi tagline dengan kata kunci “relax” pada desain Kampoeng Pacitan Bungalow & Restoran. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan tidak mengajukan hipotesis, namun menggali kenyataan yang ada di lapangan dengan cara observasi langsung dan wawancara. Evaluasi kesesuaian tagline difokuskan pada implementasi arsitekturalnya, yaitu pada desain tapak dan desain bangunan yaitu unit hunian hotel dan restoran serta fasilitas penunjang hotel yang dikaitkan pula dengan aktivitas relaksasi pengunjung. Dari penelitian ini diharapkan Kampoeng Pacitan tetap menjaga kualitas dari konsistensi tagline rileks yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksisting keseluruhan implementasi yang sesuai dengan tagline rileks pada Kampoeng Pacitan Bungalow & Restoran yaitu 62,5% dan yang kurang sesuai sebesar 37,5%. Pengoptimalan pada desain diharapkan dapat menjaga konsistensi tagline yang digunakan dan aktivitas relaksasi pengunjung dapat terpenuhi. Selain itu, adanya kesesuaian implementasi tagline di lapangan juga diharapkan dapat memunculkan positioning yaitu kesan positif dalam benak pengunjung serta diharapkan dapat berpengaruh terhadap peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke dalam objek properti Kampoeng Pacitan Bungalow & Restoran.