Hubungan Antara Perilaku Menggunakan Kosmetik Riasan Wajah Dengan Self Esteem Pada Wanita Masa Emerging Adulthood
Main Author: | Taruli, Tioria Nurmaulida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/7606/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku menggunakan kosmetik riasan wajah dengan self esteem pada wanita masa emerging adulthood. Pengumumpulan data penelitian ini dilakukan degan skala yang dikembangkan berdasarkan skala Cash Cosmetic Use Inventory (CCUI) untuk mengukur perilaku menggunakan kosmetik riasan wajah, dan skala self esteem oleh Morris Rosenberg untuk mengukur self esteem. Kedua skala dibagikan secara online pada 236 responden wanita pada masa emerging adulthood yaitu pada rentang usia 18-25 tahun. Hasil penelitian diuji menggunakan korelasi Product Moment Pearson menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara perilaku menggunakan kosmetik riasan wajah dengan self esteem pada wanita masa emerging adulthood (sig 0,032), kedua variabel tersebut membentuk hubungan positif yang berarti bahwa semakin tinggi perilaku menggunakan kosmetik riasan wajah, maka semakin tinggi pula self esteem. Kontribusi perilaku menggunakan kosmetik riasan wajah terhadap self esteem pada wanita masa emerging adulthood adalah sebesar 2%