Pengaruh Marketing Expense, Ukuran Perusahaan, Dan Umur Perusahaan Terhadap Tingkat Profitabilitas Perusahaan (Studi Empiris Pada Industri Sektor Perbankan Indonesia Yang Listing Di BEI Periode 2011-2015)
Main Author: | Rahman, Faizar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/7587/ |
Daftar Isi:
- Faizar Rahman, 2017, Pengaruh Marketing Expense, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan terhadap Tingkat Profitabilitas Perusahaan (Studi Empiris Pada Industri Sektor Perbankan Indonesia yang Listing di BEI Periode 2011-2015). Dr. Sunarti, S.Sos, M.AB. 116 Hal + xiii Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Marketing Expense,Ukuran Perusahaan, dan Umur Perusahaan terhadap Tingkat Profitabilitas Perusahaan. Variabel Independen dalam penelitian ini adalah Marketing Expense (X1), Ukuran Perusahaan (X2), dan Umur Perusahaan (X3), terhadap variabel dependen Profitabilitas (Y). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian penjelasan atau explanatory research,dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengambil objek perusahaan pada industri perbankan Indonesia yang listing di BEI periode 2011-2015. Jumlah sampel perusahaan setelah diseleksi dengan teknik purposive sampling adalah sebanyak 22 perusahaan. Analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS 21.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai koefisien determinasi (Adj R2) sebesar 0.38 yang berarti variabel independen mempengaruhi variabel dependen sebesar 38% dan sisanya sebesar 62% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Hasil uji F menunjukan bahwa variabel independen Marketing Expense, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas. Hasil uji t menunjukan bahwa variabel Marketing Expense tidak berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas. Sedangkan variabel Ukuran Perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap Profitabilitas. Sebaliknya, variabel Umur Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas tetapi secara negatif.