Gambaran Regulasi Emosi Pada Guru Sekolah Inklusi Yang Menangani Siswa ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) Studi Kasus Di SDN Sumbersari 1 Kota Malang

Main Author: Krishadianto, Agustrian
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/7573/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran regulasi emosi pada guru sekolah inklusi yang menangani siswa ADHD di SDN Sumbersari 1 Kota Malang. Subjek dalam penelitian ini yaitu 2 guru pendamping khusus (GPK) yang masing-masing pernah atau sedang menangani siswa ADHD. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis data yang dikemukakan oleh Huberman dan Miles (1992). Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa kedua subjek GPK memiliki kesamaan gambaran regulasi emosi pada dimensi Awereness and Understanding of emotions, Acceptance of emotions, dan Access to emotions regulation strategies (strategies). Namun kedua subjek memiliki perbedaan gambaran regulasi emosi pada dimensi acceptance of emotions, dimana subjek ID menerima emosinya dengan memilih untuk meninggalkan siswa ADHD tersebut dan FR lebih memilih untuk mengalah dan menahan emosinya jika siswa ADHD yang ditanganinya menangis dan dalam kondisi tantrum