Strategi Dan Proses Negosiasi Airasia Indonesia Dalam Membangun Kerjasama Dengan Kirana Tour & Travel (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Airasia Travel Service Centre Malang)

Main Author: Sunaryo, Vetricia Harlin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/7557/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi negosiasi dalam membangun kerjasama antara perusahaan. Bila melihat perkembangan dunia penerbangan saat ini, semakin tinggi situasi persaingan antara setiap maskapai. AirAsia melakukan inovasi baru dengan membuka cabang kerjasama di setiap daerah. Ketika melakukan kerjasama, terdapat dua pihak yang sama-sama membawa tujuannya masing-masing. Kedua belah pihak dibawa ke dalam sebuah keselarasan yang sesuai dengan satu sama lain melalui komunikasi negosiasi. Penelitian ini berfokus pada strategi dan proses negosiasi dalam membangun kerjasama antara perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara semi terstruktur. Melalui pengumpulan data tersebut, penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Data yang sudah terkumpul direduksi sesuai dengan kebutuhan penelitian. Kemudian data disajikan dianalisis dengan cara menghubungkan antara konsep dengan data empiris sesuai dengan temuan di lapangan, dan disesuaikan dengan fokus penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses negosiasi yang dilakukan dalam kerjasama ini adalah dimulai dengan membangun hubungan, persiapan, pengumpulan informasi, penggunaan informasi, proses tawar-menawar, menutup kesepakatan, menerapkan persetujuan. Terdapat perbedaan urutan dengan yang disampaikan oleh Greenhalg. Strategi negosiasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah integrative negotiation.