Efektifitas Penerapan Metode Rekrutmen Online (E-Recruitment) (Studi Pada PT Industri Kereta Api (INKA) – Jawa Timur)

Main Author: Nanda S, Kukuh Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/7555/
Daftar Isi:
  • Kegiatan rekrutmen merupakan proses mencari dan mendapatkan pelamar yang mampu untuk bekerja dalam suatu perusahaan. Terdapat berbagai macam metode perekrutan yang sering digunakan oleh organisasi yang meliputi job posting dalam organisasi, rekomendasi dari karyawan, kerjasama dengan pihak perguruan tinggi, iklan, job fair dan sebagainya. Namun, seiring perkembangan teknologi internet saat ini merupakan media yang sering digunakan oleh sebagian besar para pencari kerja untuk mencari informasi lowongan kerja. Salah satunya yang saat ini sudah mulai diperkenalkan adalah metode E-Recruitment, dengan melalui website perusahaan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan proses rekrutmen online dalam pelaksanaan rekrutmen karyawan (2) Mengetahui efektifitas metode rekrutmen online dari aspek target, dan metode rekrutmen lainnya (job fair, walk-in, dan iklan) pada PT Industri Kereta Api (INKA) – Jawa Timur). Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data dan observasi secara langsung. Penelitian deskriptif bertujuan untuk memecahkan masalah dengan menggambarkan keadaan, objek/ subjek dan juga berdasarkan pada kenyataan atau kondisi aktual sebagaimana adanya pada saat penelitian dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian kualitatif menunjukkan bahwa Penerapan Metode Rekrutmen Online (E-Recruitment) dalam pelaksanaan rekrutmen karyawan di PT Industri Kereta Api (INKA) dari tahap awal Merencanakan Sumber Daya Manusia sampai dengan Membuat Kesepakatan terakhir sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan landasan teori. Hanya saja PT INKA tidak mengadakan tes secara online pada saat E-recruitment berlangsung. Dan untuk sarana Job Posting yang di pakai, PT INKA memakai media cetak berupa koran dan poster dan media online berupa media sosial facebook, twitter dan instagram resmi milik PT INKA. Efektifitas metode rekrutmen online dari aspek target di PT Industri Kereta Api (INKA) sudah berjalan sangat efektif, dengan banyaknya jumlah pelamar yang mendaftar. Tetapi masih ditemukan adanya kendala dalam proses rekrutmen seperti masih adanya kasus pemalsuan data yang dilakukan pelamar dan terkadang server menjadi sedikit lama memproses ketika banyaknya pelamar yang masuk saat mendaftar. Dari segi biaya, tenaga, dan waktu yang dikeluarkan untuk metode E-recruitment tidak tergolong banyak jika dibandingkan dengan metode perekrutan lain seperti Walk-in dan Job Fair yang sebelumnya PT INKA pernah menerapkannya dan masih menerapkannya.