Implementasi Value Proposition Dalam Penetapan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Pada Produk Tabunganku Di Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Cabang Malang)

Main Author: Aji, Bramantyo
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/7541/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penciptaan value proposition dan bagaimana implementasinya dapat menjadi pertimbangan dalam menetapkan strategi pemasaran pada produk TabunganKu di PT. BPD Jawa Timur Tbk. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan dua fokus penelitian yaitu: 1) value proposition yang ditawarkan Bank Jatim pada produk TabunganKu; dan 2) implementasi value proposition dengan keterkaitannya terhadap pertimbangan dalam merumuskan strategi pemasaran perusahaan. Value proposition adalah apa yang dijanjikan produsen terhadap pelanggan mencakup dari beberapa elemen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 11 elemen value proposition menurut Alexander Osterwalder & Yves Pigneur, hanya 8 elemen yang diterapkan oleh Bank Jatim dalam penciptaan produk TabunganKu yaitu kinerja, penyesuaian, penyelesaian pekerjaan, desain, merek/status, harga, kemudahan dalam mengakses, dan keamanan/kenyamanan. Persepsi konsumen dari 8 elemen yang ditawarkan Bank Jatim pada TabunganKu secara keseluruhan sudah dapat diterima dengan baik oleh konsumen kecuali elemen kemudahan dalam mengakses dan elemen keamanan/kenyamanan. Tidak ada strategi khusus yang diterapkan Bank Jatim dalam pemasaran produk TabunganKu. Pertimbangan dilakukan menggunakan 4 pilar utama (4P) yaitu product, price, place, dan promotion. Kegiatan promosi yang biasa dilakukan oleh Bank Jatim masih tergolong umum seperti face to face, door to door, gathering dan influencer.