Pengaruh Faktor-Faktor Dalam Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Penghuni Rumah Kos Di Kelurahan Ketawanggede Kota Malang)

Main Author: Donald, Zaky
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/7539/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh: (1) pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologi terhadap keputusan pembelian; (2) pengaruh faktor pribadi terhadap keputusan pembelian; (3) pengaruh faktor sosial terhadap keputusan pembelian; (4) pengaruh faktor pribadi terhadap keputusan pembelian; (5) pengaruh faktor psikologi terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 116 responden yang merupakan mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Malang yang bertempat tinggal di Kelurahan Ketawanggede Kota Malang. Metode pengumpulan data yang diigunakan berupa kuesioner. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan uji asumsi klasik dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bawa variabel faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian yang dapat dilihat dari nilai signifikansi F < α yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai Adjusted R Square sebesar 0,565. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi variabel faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologi adalah sebesar 56,5% sedangkan, sisanya 43,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan oleh penelitian ini. Secara parsial variabel faktor budaya dengan koefisien 0,34, variabel faktor sosial dengan koefisien 0,10, variabel faktor pribadi 0,33, dan variabel faktor psikologi dengan koefisien 0,00 berpengaruh secara signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.