Analisis Pola Konsumsi Produk Buah Pisang Label Sunpride Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Di PT. Nusantara Tropical Farm Lampung Timur, Lampung)
Main Author: | Kurniasari, Puput Elva |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/7489/ |
Daftar Isi:
- PT. Nusantara Tropical Farm merupakan perusahaan terbesar di daerah Lampung yang memproduksi buah pisang label Sunpride. Produksi buah pisang label Sunpride ini dalam skala besar karena dipasarkan hingga keluar negeri seperti Korea, Jepang, Asia Tenggara dan lain sebagainya. Hal ini menimbulkan dampak bagi masyarakat di sekitar PT. Nusantara Tropical Farm yang tidak dapat membeli dan mengkonsumsi produk buah pisang label Sunpride karena pemasarannya yang di luar kota dan luar negeri. Masyarakat di sekitar PT. Nusantara Tropical Farm juga merasa harga yang ditawarkan terlalu tinggi, sedangkan pendapatan masyarakat dalam kategori menengah kebawah. Sedangkan pada aspek kebiasaan yang berkembang di masyarakat, kebanyakan dari masyarakat sekitar PT. Nusantara Tropical Farm tidak atau kurang memperhatikan pola konsumsi buah-buahan yang dikonsumsi meskipun buah-buahan itu penting untuk nutrisi tubuh. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini difokuskan pada pola konsumsi produk buah pisang label Sunpride terhadap tingkat kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola konsumsi masyarakat terhadap produk buah pisang label Sunpride, mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi pola konsumsi, menganalisis hubungan pola konsumsi dengan faktor pola konsumsi, menganalisis hubungan pola konsumsi dengan atribut produk dan menganalisis tingkat kepuasan konsumen. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan mixed method dengan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive di PT. Nusantara Tropical Farm Lampung Timur, Lampung pada bulan April 2017 hingga Juni 2017. Responden ditentukan dengan teknik accidental sampling dengan total responden 30 orang. Pengumpulan data dari wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa Masyarakat di sekitar PT. Nusantara Tropical Farm cenderung membeli produk buah pisang label Sunpride di PT. Nusantara Tropical Farm karena lebih dekat dengan rumah masyarakat dengan jumlah pembelian yang tidak menentu disetiap bulannya Masyarakat cenderung tidak mengkonsumsi produk buah pisang label Sunpride setiap bulan dikarenakan harganya yang cukup mahal dibandingkan dengan jenis pisang lainnya. Pembelian ini dilakukan karena masyarakat lebih suka mengkonsumsi produk buah pisang label Sunpride dalam bentuk buah segar. Faktor yang mempengaruhi pola konsumsi terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal yaitu indikator motivasi, sikap atau kebiasaan dan lingkungan sosial termasuk dalam kategori rendah. Sedangkan pada indikator pendapatan, jumlah keluarga, pendidikan (informasi) dan harga termasuk dalam kategori sedang. Pola konsumsi dan faktor pola konsumsi memiliki hubungan atau keterkaitan. Sama halnya dengan pola konsumsi dan atribut produk. Tingkat kepuasan masyarakat terhadap produk buah pisang label Sunpride secara keseluruhan termasuk dalam kategori cukup puas.