Pengaruh Atribut Produk Benih Padi Tani Makmur terhadap Kepuasan Petani Desa Triwungan Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolingggo
Main Author: | Karimah, Alfiatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/7431/ |
Daftar Isi:
- Atribut produk merupakan keunggulan dan keunikan yang dimiliki oleh produk sebagai pembeda dengan produk yang sejenis yang ditawarkan oleh perusahaan lain (Sudrajad dan Andriani, 2015). Sebuah perusahaan dituntut untuk menciptakan produk yang terbaik dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat serta selera konsumen yang beragam. Upaya pengembangan produk tak lain bertujuan untuk memuaskan konsumen. Kepuasan konsumen merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang setelah membandingkan antara kinerja produk yang dipikirkan terhadap kinerja produk yang diharapkan (Kotler dan Amstrong, 2008). Jika produk yang telah diterima dan memenuhi harapan konsumen maka hal tersebut akan menimbulkan rasa puas. Oleh sebab itu, unsur yang melekat pada produk hendaknya sesuai dengan apa yang dijanjikan sehingga dapat memenuhi bahkan melebihi harapan konsumen. Kepuasan dan ketidakpuasan pelanggan atas produk akan berpengaruh kepada pola pikir selanjutnya. Sehingga, sebuah perusahaan diharapkan dapat memahami faktor-faktor apa saja yang diinginkan oleh konsumen karena akan berdampak pada perilaku selanjutnya. UD Tani Makmur adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang produksi benih padi. UD Tani Makmur menawarkan benih padi unggul dan bersertifikat sebagai jaminan atas mutu benih. Perusahaan ini berada di wilayah Probolinggo yang memiliki sasaran pokok terwujudnya potensi lokal yang berdaya saing, hal tersebut tercantum pada sasaran pokok Bappeda Kabupaten Probolinggo. Berdasarkan survey dilapang, salah satu kendala yang dihadapi UD Tani Makmur adalah ditemukan masih banyaknya petani yang memilih benih padi merek yang berasal dari luar wilayah Probolinggo. Keberadaan konsumen menjadi faktor penting yang harus diupayakan mengingat persaingan dalam wilayah probolinggo semakin ketat. Mempertimbangkan fenomena yang terjadi maka peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh atribut produk terhadap kepuasan konsumen benih padi Tani makmur. Penelitian bertujuan untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan kosumen terhadap benih padi Tani Makmur sehingga dapat menjadi bahan evaluasi bagi strategi permasaran perusahaan. Penelitian ini dilakukan di Desa Triwungan kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo, hal ini berdasarkan permasalahan yang terjadi yaitu kurangnya minat petani terhadap benih padi Tani Makmur. Responden pada penelitian ini adalah anggota kelompok tani Sumber Rejeki yang masih aktif berjumlah 45 orang. Sesuai dengan tujuan penelitian yaitu menganalis pengaruh atribut produk benih terhadap kepuasan petani maka penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara bersama-sama atribut meliputi tepat kualitas, jumlah, lokasi dan harga secara simultan mempengaruhi kepuasan petani. Atribut tepat mutu, jumlah dan waktu ii berpengaruh terhadap kepuasan petani. Atribut tepat kualitas memberikan pengaruh terbesar terhadap kepuasan petani. Melalui identifikasi determinan, diketahui bahwa nilai R square adalah sekitar 95,7% yang berarti atribut produk dapat menjelaskan variabel bebas (kepuasan petani) sekitar 95,7%.