Pengaruh Promosi Dari Mulut Ke Mulut (Word Of Mouth)Terhadap Proses Keputusan Kunjungan Ke Agrowisata Petik Buah Jambu Kristal UD.Bumiaji Sejahtera Kota Batu, Jawa Timur
Main Author: | Silalahi, Nurlita Febriani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/7407/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis unsur-unsur promosi dari mulut ke mulut (word of mouth) agrowisata petik buah jambu kristal UD. Bumiaji Sejahtera, proses keputusan kunjungan wisatawan ke agrowisata petik buah jambu kristal UD.Bumiaji Sejahtera, dan pengaruh promosi dari mulut ke mulut (word of mouth) terhadap proses keputusan kunjungan wisatawan ke agrowisata petik buah jambu kristal UD.Bumiaji Sejahtera, Kota Batu, Jawa Timur. Penelitian ini dilaksanakan di agrowisata petik buah jambu kristal UD. Bumiaji Sejahtera yang berlokasi di Dusun Banaran, Bumiaji, Kota Batu yang ditentukan menggunakan metode purposive. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey melalui penyebaran kuesioner kepada 125 responden yang merupakan wisatawan yang telah berkunjung ke agrowisata petik buah jambu kristal UD.Bumiaji Sejahtera. Pengambilan sampel dilakukan dengan pendekatan non probability sampling yakni metode convenience sampling. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Unsur-unsur promosi dari mulut ke mulut (word of mouth) pada agrowisata petik buah jambu kristal UD.Bumiaji Sejahtera yaitu: a) Pembawa Pesan (Talkers) didominasi oleh kolega/rekan kerja/ atau teman wisatawan; b)Topik (Topics) didominasi oleh pesan tentang keunggulan produk wisata yang ditawarkan oleh agrowisata tersebut; c) Media (Tools) yang digunakan wisatawan dalam mencari, menerima, dan bertukar informasi yaitu komunikasi secara langsung dan melalui media online yang didominasi oleh media online Whatsapp; d) Kegiatan Ambil Bagian (Taking Part) sudah dilakukan dengan baik dengan memberi respon dari setiap pertanyaan dan tanggapan wisatawan; e) Pengawasan dan Pengukuran (Tracking) belum terlaksana dengan maksimal ; 2) Proses keputusan kunjungan wisatawan dalam berkunjung ke agrowisata petik buah jambu kristal UD.Bumiaji Sejahtera meliputi: a) Pengenalan Kebutuhan yang didominasi oleh kebutuhan berlibur; b) Proses Pencarian Informasi didominasi oleh kolega/rekan kerja/ atau teman sebagai sumber informasi; c) Keputusan Kunjungan didominasi oleh keputusan berkunjung untuk berlibur; d) Perilaku Pasca Kunjungan yakni wisatawan sebagian besar merasa puas, bersedia merekomendasikan dan berkunjung kembali ; 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi proses keputusan kunjungan wisatawan pada agrowisata petik buah jambu kristal UD.Bumiaji Sejahtera adalah Pembawa Pesan (Talkers),Topik (Topics), Media (Tools), Kegiatan Ambil Bagian (Taking Part). Media (Tools) merupakan unsur promosi dari mulut ke mulut (Word ff Mouth) yang paling berpengaruh terhadap proses keputusan kunjungan ke agrowisata petik buah jambu kristal UD.Bumiaji Sejahtera. Pengawasan dan Pengukuran (Tracking) tidak berpengaruh terhadap proses keputusan kunjungan wisatawan. Unsur-unsur promosi dari mulut ke mulut (Word of Mouth) yakni pembawa Pesan (Talkers), Topik (Topics), Media (Tools), Kegiatan Ambil Bagian (Taking Part), Pengawasan dan Pengukuran (Tracking) secara stimultan juga berpengaruh terhadap proses keputusan kunjungan.