Analisis Daya Saing Kelapa Sawit (CPO) Indonesia Di Pasar Internasional

Main Author: Wakid, Fauzan Djaki
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/7333/
Daftar Isi:
  • Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Di banyak negara, perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan pendapatan dan sumber devisa negara. Salah satu akibat dari perdagangan internasional adalah timbulnya persaingan antar negara. Masing-masing negara yang terlibat dalam perdangan internasional memunculkan daya saing dibandingkan negara kompetitornya, tidak terkecuali Indonesia. Salah satu produk yang dipasarkan oleh Indonesia di pasar internasional adalah kelapa sawit. Tingkat daya saing kelapa sawit diukur berdasarkan keunggulan komparatif dan kompetitifnya, untuk mengukur tingkat daya saing ini digunakan 3 alat analisis. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Revealead Comparative Advantage (RCA), analisis pangsa pasar (market share) dan Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP). Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata masing-masing sebesar 45,08, 44,26 dan 0,997. Berdasrkan hasil perhitungan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa tingkat daya saing kelapa sawit Indonesia berada di posisi pertama atau dapat dikatakan memiliki daya saing tertinggi dibandingkan dengan negara lain.