Pengembangan game hewan laut untuk meningkatkan kemampuan kosakata pada siswa kelas 7 SMP Shalahuddin Malang
Daftar Isi:
- Kosakata adalah element yang sangat penting dalam mempelajari bahasa Inggris. Berdasarkan praktik pengalaman lapangan (PPL) di SMP Shalahuddin Malang, siswa siswi di kelas tujuh mengalami permasalahan dalam menguasai kosakata. Hal ini dapat dibuktikan dalam dua indikator: pertama, pengetahuan kosakata siswa sangat rendah. Kedua, siswa tidak memiliki motivasi dalam mempelajari bahasa Inggris. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu dikembangkan media pembelajaran dalam bentuk game hewan laut yang dapat memudahkan siswa untuk mempelajari kosakata secara menarik. Penelitian ini dikategorikan kedalam penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan teori Gall & Borg. Dalam mengembangkan penelitian ini dibutuhkan lima tahapan proses yaitu: analisis, desain, pengembangan, evaluasi dan implementasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara dan angket. Produk ini divalidasi oleh ahli media, ahli isi dan diujicobakan kepada siswa kelas tujuh. Ahli media menyatakan bahwa game hewan laut merupakan media yang tepat bagi siswa dalam proses pembelajaran kosakata. Ahli isi menyatakan bahwa topic dan aktivitas dalam produk dapat membuat siwa tertarik untuk mempelajari kosakata. Dan hasil dari uji coba produk menunjukan bahwa siswa angat tertarik menggunakan produk ini. Saran untuk guru bahasa Inggris adalah guru dapat menggunakan game hewan laut ini sebagai media pengajaran dalam pembelajaran kosakata. Saran untuk siswa adalah mereka dapat menggunakan produk ini secara mandiri dalam mempelajari kosakata. Untuk peneliti selanjutnya yang tertarik pada bidang yang sama dapat melanjutkan dan mengembangkan produk ini dalam upaya peningkatkan penguasaan kosakata siswa.