Analisis Dan Perancangan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Berbasis Web Pada CV. Kurnia Kitri Ayu Farm Malang
Main Author: | Mubarokiah, Latifah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/7239/ |
Daftar Isi:
- Semakin pesatnya perkembangan peranan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini yang sangat berpengaruh terhadap kemajuan bisnis, baik secara individual, instansi pemerintah, ataupun swasta. Perkembangan informasi mempunyai peranan yang sangat penting didalam suatu usaha untuk menciptakan kemajuan di semua bidang yang diperuntukan bagi kepentingan manusia pada umumnya. Sistem informasi juga merupakan salah satu bagian penting bagi perusahaan dalam meningkatkan produktifitas, baik dalam memperoleh informasi, mengolah, dan mengunakan informasi tersebut terutama untuk kepentingan intern perusahaan utamanya adalah pelayanan terhadap konsumen. Pelayanan yang bermutu tinggi berarti mampu memberikan keselarasan terhadap kebutuhan pelanggan, secara esensial, baik pelanggan kelas atas, menengah bahkan bawah sekalipun, hanya saja tingkatannya yang berbeda-beda. Untuk memberikan keselarasan terhadap kebutuhan pelanggan tersebut dibutuhkan Customer Relationship Management atau lebih dikenal dengan sebutan CRM. Perusahaan melalui CRM berusaha untuk menambah nilai pada kehidupan sehari-hari dari pelanggan dan sebagai imbalannya pelanggan akan memberikan kesetiaannya kepada perusahaan. Melalui CRM akan mendorong para pelanggannya untuk tetap loyal terhadap perusahaan. Seiring perkembangan teknologi yang semakin berkembang, penerapan CRM dikolaborasikan dengan teknologi informasi yang disebut dengan Electronic-Customer Relationship Management (e-CRM). CV. Kurnia Kitri Ayu Farm adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam budidaya sayuran organik daerah Malang. Masalah yang terjadi pada perusahaan ini adalah belum adanya media online sebagai penghubung antara konsumen dan perusahaan. Konsumen masih mengandalkan pertemuan langsung dan menggunakan media telefon serta media Short Message Service (SMS) dengan pihak perusahaan apabila terjadi adanya keluhan dan pemesanan. Perusahaan belum memiliki sarana media berbasis internet untuk mendapatkan calon konsumen dan upaya dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian terkait analisis dan perancangan Electronic-Customer Relationship Management (e- CRM) berbasis website pada CV Kurnia Kitri Ayu Farm Malang. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mengidentifikasi sistem Customer Relationship Management saat ini pada CV.Kurnia Kitri Ayu Farm. (2) Merancang sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) berbasis web pada CV.Kurnia Kitri Ayu Farm. (3) Mengetahui prosedur pelayanan melalui Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) yang diterapkan oleh CV. Kurnia Kitri Ayu Farm. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah menggunakan wawancara serta didukung oleh data sekunder seperti dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kebutuhan informasi bisnis yaitu metode Enterprise Architecture Planning (EAP). Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Sistem Customer Relationship Management (CRM) yang sedang berlangsung adalah proses bisnis yang berjalan secara keseluruhan masih manual, teknologi yang digunakan hanya menggunakan via telefon, pelanggan tidak mengetahui secara pasti waktu penyelesaian pesanan, upaya untuk mempertahankan dan mendapatkan pelanggan masih belum maksimal dimana calon pelanggan harus datang ke lokasi perusahaan apabila ingin memesan produk, pihak perusahaan hanya melakukan promosi dengan cara menemui langsung calon pelanggan, sehingga potensi untuk mendapatkan pelanggan dengan lokasi berbeda sangat sulit dilakukan. 2) Sistem Customer Relationship Management (CRM) berbasis website telah dirancang oleh peneliti untuk CV. Kurnia Kitri Ayu Farm Malang dengan metode Enterprise Architecture Planning. 3) Kegunaan fitur melalui Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) yang diterapkan oleh CV. Kurnia Kitri Ayu Farm antara lain, fitur menu HOME (halaman utama), menu halaman daftar (register), menu halaman contact us, menu halaman anggota (member/login), menu halaman produk, menu halaman kerangjang belanja (chart) dan menu halaman find us.