Analisis Sikap Dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sayuran Organik di CV. Vigur Organik

Main Author: Rahmadani, Iqbal Febri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/7216/
Daftar Isi:
  • Pertanian organik merupakan budidaya pertanian yang hanya memakai bahan-bahan organik. Tujuan utama dari pertanian organik adalah menyediakan produk-produk pertanian, terutama bahan pangan yang aman bagi kesehatan produsen dan konsumennya serta tidak merusak lingkungan. Sayuran organik merupakan salah satu komoditas hortikultura yang di budidayakan dengan teknologi pertanian organik. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat mengenai bahaya residu pestisida dan kandungan kimia yang terkandung dalam sayuran anorganik masyarakat mulai tertarik mengkonsumsi produk organik. CV. Vigur Organik merupakan salah satu produsen sayuran organik di kota Malang. Berdasarkan data yang telah didapatkan dari tahun 2013 hingga 2015 terjadi peningkatan permintaan terhadap sayuran organik. Peningkatan permintaan sayuran organik akan membuka peluang bagi produsen-produsen yang juga menjual produk sayuran organik. Hal tersebut akan menyebabkan terjadinya persaingan antar produsen, oleh karena itu CV. Vigur Organik sebagai salah satu produsen harus mampu melihat bagaimana sikap dan perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian sayuran organik agar dapat mampu bersaing dengan produsen lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menganalisis atribut-atribut yang menjadi pertimbangan konsumen dalam keputusan pembelian sayuran organik di CV. Vigrur Organik, (2) menganalisis sikap konsumen terhadap atribut yang dipertimbangkan dalam keputusan pembelian sayuran organik di CV. Vigur Organik (3) menganalisis perilaku konsumen terhadap atribut yang dipertimbangkan dalam keputusan pembelian sayuran organik di CV. Vigur Organik. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan deskriptif. Analisa data kuantitatif dengan menggunakan analisis Cohcran Q Test, uji validitas, uji realibilitas. Metode deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan karateristik konsumen, sikap dan perilaku konsumen dari hasil data yang telah diolah menggunakan model Multiciri Fishbein, model Theory of Reasoned Action (TRA). Hasil dari penelitian ini adalah dari 10 atribut produk hanya ada 6 atribut produk yang dipertimbangkan oleh konsumen diantaranya keutuhan, kesegaran, kandungan zat, label, kemasan dan kebersihan. Enam atribut tersebut dijadikan sebagai dasar penentu sikap konsumen terhadap keputusan pembelian sayuran organik di CV. Vigur Organik. Rata-rata konsumen bersikap positif terhadap atribut produk sayuran organik di CV. Vigur Organik dengan jumlah 20%. Maksud perilaku konsumen berbanding lurus dengan sikap yang dibentuk, yaitu rata-rata konsumen memiliki perilaku untuk membeli produk sayuran organik di CV. Vigur Organik.