Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Cabai Organik Di Kelompok Wanita Tani Vigur Organik (Kelurahan Cemorokandang Kecamatan Kedungkandang Kota Malang Jawa Timur)

Main Author: Subiyantoro, Ayu Ardiyanti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/7105/
Daftar Isi:
  • Kelompok Wanita Tani Vigur Organik merupakan salah satu pelaku usaha dibidang pertanian organik.. Berbekal dari potensi yang dimiliki yaitu Kelompok Wanita Tani Vigur Organik menghasilkan produk yang berkualitas, higienis, ramah lingkungan, sehat, aman dikonsumsi, dan memiliki pangsa pasar yang cukup luas. Kelompok Wanita Tani Vigur Organik menekuni usaha tersebut mulai dari membudidayakan sayuran organik hingga memasarkannya hingga saat ini. Terdapat beberapa jenis komoditas sayuran yang ditanam, namun salah satu jenis komoditas sayuran tersebut yang selalu ditanam adalah cabai organik. Saat ini cabai menjadi salah satu komoditas sayuran yang banyak dibutuhkan masyarakat, baik masyarakat lokal maupun internasional. Setiap harinya permintaan akan cabai, semakin bertambah seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk di berbagai negara. Cabai merupakan tanaman sayuran buah semusim yang diperlukan oleh seluruh lapisan masyarakat sebagai bumbu atau penyedap makanan. Seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen cabai organik dan kesadaran masyarakat akan pertanian organik. Kelompok tani Vigur Organik dihadapkan berbagai persaingan usaha sejenis, karena mulai banyak usaha yang sejenis hadir dan bersaing merebut pasar. Adanya berbagai persaingan tersebut, dapat menjadi kendala bagi usaha ini untuk mecapai tujuan Kelompok tani Vigur Organik maupun perkembangan usaha yang dilakukan kelompok Tani Vigur Organik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut Kelompok Tani Vigur Organik memerlukan perencanaan dalam melakukan kegiatan pemasaran. Untuk menerapkan pemasaran yang baik dibutuhkan strategi pemasaran yang baik pula guna memasarkan cabai organik ke konsumen sehingga dapat tercapai peningkatan volume penjualan dan meningkatnya pangsa pasar cabai organik. Strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh Kelompok Tani Vigur Organik agar tetap bertahan dan berkembang pada usahanya yaitu melalui strategi pemasaran yang diterapkan atas dasar bauran pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis pengaruh variabel bauran pemasaran terhadap volume penjualan cabai organik di Kelompok Tani Vigur Organik, Menganalisis variabel bauran pemasaran yang memberikan pengaruh paling dominan dan signifikan terhadap volume penjualan Cabai organik di Kelompok Tani Vigur Organik. Hasil Penelitian ini adalah variabel Produk (X1), Harga (X2), Tempat (X3), Promosi (X4), Orang (X5), Proses (X6) dan Physical Evidence (X7) secara bersama-sama mempengaruhi Volume Penjualan (Y), dan variabel Produk (X1) adalah variabel yang memiliki koefisien beta yang paling besar. Artinya, variabel Y lebih banyak dipengaruhi oleh variabel Produk (X1) daripada variabel lainnya. Koefisien yang dimiliki oleh variabel Produk (X1) bertanda positif, hal ini berarti bahwa semakin banyak produk yang dihasilkan maka volume penjualan akan semakin meningkat dan sebaliknya semakin sedikir produk yang dihasilkan maka volume penjualan akan semakin menurun.