Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Ladaku Merica Bubuk Di Kota Kediri

Main Author: Hidayatullah, Muhamad Arif
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/7077/
Daftar Isi:
  • Merica atau biasa juga disebut lada merupakan tanaman sejenis rempah-rempah yang digunakan sebagai bahan tambahan penyedap rasa untuk makanan. Lada mempunyai cita rasa yang sangat tajam, sedikit pedas dan pahit saat ditambahkan ke makanan. Merica dapat diolah menjadi bentuk bubuk dan dikemas dengan kemasan untuk dijadikan bumbu masak yang praktis. Salah satu bentuk bumbu merica bubuk yang dipasarkan dan dikenal luas oleh masyarakat adalah Ladaku merica bubuk. Ladaku merupakan produk baru dari PT Motasa Indonesia yang lahir sekitar tahun 2010 dengan berkonsentrasi pada pengolahan merica bubuk. Seperti halnya perusahaan besar pasti memiliki pesaing dalam menjalankan usahanya. Beberapa pesaing Ladaku seperti produk Mama Suka lada putih bubuk, Siliwangi merica bubuk, Le Sedap lada bubuk, Lada Mas, Lada Cap Tawon dan Lada Super 88, yang merupakan produk yang dihasilkan dari perusahaan lain. Setiap merek akan saling bersaing untuk dapat memperoleh sebanyak mungkin konsumen untuk membeli produknya. Persaingan yang ketat memaksa produk Ladaku merica bubuk untuk menerapkan strategi bauran pemasaran yang dapat digunakan untuk memenangkan persaingan terhadap produk sejenis dan mendapatkan pangsa pasar yang besar. Tujuan dari penilitan adalah untuk mengetahui (1) Menganalisis pengaruh variabel-variabel bauran pemasaran secara simultan dan parsial terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk Ladaku. (2) Menganalisis variabel bauran pemasaran yang paling berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk Ladaku. Lokasi penelitian dipilih secara purposive method yaitu berada di Kota Kediri. Penentuan responden yang dilakukan di dalam penelitian menggunakan accidental sampling. Metode yang digunakan untuk menganlisis faktor-faktor baurna pemasaran yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian produk Ladaku menggunakan analisis regresi logistik (logit). Variabel bauran pemasaran yang digunakan meliputi 4P yaitu produk (product), harga (price), promosi (promotion) dan tempat (place). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 variabel yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk Ladaku merica bubuk meliputi variabel produk dan variabel tempat. Secara simultan variabel bauran pemasaran mempengaruhi keputusan pembelian konsumen sebesar 64,6%, sedangkan 35,4% dipengaruhi variabel lain. Saran dalam penelitian adalah: (1) Desain kemasan dapat ditingkatkan degan membuat kemasan yang berbeda dengan pesaing yang dapat menjadi cirikhas ladaku merica bubuk. Kesesuaian harga dapat ditingkatkan dengan menurunkan harga produk menjadi menjadi sedikit dibawah pesaing atau meningkatkan kualitas produk yang mempunyai nilai lebih dan ciri khas dari Ladaku. Media promosi dapat ditingkatkan untuk menamambah peluang keputusan konsumen untuk membeli produk Ladaku. Penambahan media promosi dapat berupa iklan pada radio dan iklan pada majalah masak atau majalah khusus wanita dapat berpeluang untuk menarik minat konsumen dalam membeli produk. (2) Penggunaan sampel dan atribut dari variabel yang lebih banyak dan beragam untuk dapat mendapatkan hasil penelitian yang lebih terukur dan akurat. (3) Penambahan variabel dalam penelitian sebaiknya menjadi 7P (product, price, place, promotion, person dan pysycal evidance).