The Correlation Between the Second Year Students’ Mastery of Simple Past Tense and Writing Recount Text Achievement at SMP Ardjuna Malang

Main Author: Putra, Zainul Afidi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/703/1/Putra%2C%20Zainul%20Afidi.pdf
http://repository.ub.ac.id/703/
Daftar Isi:
  • Penguasaan tenses menjadi salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi seseorang ketika belajar menulis sebuah teks. Peneliti mengadakan studi tentang hubungan korelasi antara penguasaan simple past tense siswa kelas 8 dan pencapaian menulis recount text pada Sekolah Menengah Pertama Ardjuna Malang. Ada satu rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada hubungan korelasi yang signifikan antara penguasaan simple past tense dan pencapaian menulis recount text?. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penyelidikan korelasi karena dalam penelitian ini ingin mencari hubungan korelasi antara dua variabel. Subjek pada penelitian ini adalah 25 siswa kelas 8 SMP Ardjuna Malang. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tes gramatika untuk mengetahui penguasaan siswa dalam simple past tense dan tes tulis untuk mengetahui pencapaian siswa dalam menulis recount text. Kemudian, peneliti mengadakan uji coba pada instrumen penelitian untuk mencari validitas pada setiap soal. Sementara itu, peneliti menentukan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Kemudin, peneliti menentukan tingkat kesukaran soal pada setiap soal menggunakan rumus Proportion Analysis. Setelah mendapatkan data dari siswa, peneliti menganalisis data tersebut menggunakan rumus Pearson Product Moment Correlation. Kemudian, peneliti menyajikan data tersebut dalam bentuk nilai koefisien korelasi. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi dari penguasaan siswa dalam simple past tense dan pencapain menulis recount text adalah 0,940 > 0,413 pada standar signifikan 5% dan 0,526 pada standar signifikan 1%. Itu berarti bahwa Ha diterima yang menunjukkan bahwa ada hubungan korelasi yang positif antara penguasaan simple past tense siswa kelas 8 dan pencapaian menulis recount text pada Sekolah Menengah Pertama Ardjuna Malang karena tingginya nilai pencapaian siswa dalam penguasaan simple past tense diikuti dengan tingginya nilai pencapaian siswa dalam menulis recount text. Peneliti memberikan saran kepada guru bahasa Inggris untuk lebih memperhatikan mengenai pentingnya pembelajaran tentang simple past tense dalam upaya meningkatkan pencapaian siswa dalam menulis recount text.