Pengaruh Media Sosial Terhadap Pembelian Ikan Koi Di TD Koi Farm, Desa Kemloko, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur
Main Author: | Ningtyas, Kesuma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/6990/ |
ctrlnum |
6990 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/6990/</relation><title>Pengaruh Media Sosial Terhadap Pembelian Ikan Koi Di TD Koi
Farm, Desa Kemloko, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar,
Provinsi Jawa Timur</title><creator>Ningtyas, Kesuma</creator><subject>658.872 Telemarketing and direct marketing</subject><description>Potensi sektor perikanan Kabupaten Blitar sangat menjanjikan terutama
pada ikan hias koi. Sehingga setiap menyebut ikan hias koi pasti mengarah ke
Blitar sebagai salah satu produksi ikan hias berkualitas. Pemasaran merupakan
suatu hal yang perlu diperhatikan dalam bisnis ikan koi ini karena pemasaran
merupakan inti dari sebuah usaha yang dijalankan. Persaingan yang semakin
ketat antar pembudidaya mengharuskan pembudidaya untuk meningkatkan
teknik pemasaran agar memperoleh hasil yang maksimal. Untuk mendapatkan
hasil atau keuntungan yang maksimal maka pembudidaya perlu memperhatikan
salah satu aspek bauran pemasaran yaitu aspek promosi. Promosi ini
merupakan salah satu aspek yang dapat menaikkan volume penjualan karena
dapat menarik minat beli konsumen sehingga memutuskan untuk membeli ikan
koi tersebut. Penggunaan media sosial dapat memberikan kemudahan dalam
proses promosi karena jangkauan promosi dari media sosial ini sangat luas. Hal
tersebut juga didukung dengan jumlah penggunaan internet di Indonesia yang
meningkat setiap tahunnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis
mengenai profil dari Td Koi Farm, faktor yang mempengaruhi keputusan
pembelian ikan koi dan pengaruh media sosial terhadap pembelian ikan koi.
Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 35 orang yang merupakan
konsumen dari Td Koi Farm. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2017 di Td
Koi Farm Desa Kemloko, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan
kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Data
sekunder didapatkan dari berbagai sumber yaitu diperoleh dari Badan Pusat
Statistik (BPS) dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP). Metode analisis data
yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif naratif untuk
menjawab tujuan profil Td Koi Farm dan faktor-faktor yang mempengaruhi
keputusan pembelian, sedangkan untuk tujuan pengaruh media sosial terhadap
pembelian digunakan analisis deskriptif kuantitatif yaitu dengan analisis regresi
berganda.
Td Koi Farm merupakan usaha ikan hias koi yang didirikan oleh bapak
Sutadi yang berlokasi di Desa Kemloko, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar
sejaka tahun 1993. Jenis ikan koi yang dijual di Td Koi Farm ini adalah seperti koi
jenis kohaku, shoa, sanke, kojaku, tanco dan lain-lain. Kualitas yang
ditawarkanpun beragam mulai dari kualitas super, kualitas A, kualitas B dan juga
kualitas C. Td Koi Farm ini sudah melakukan pengiriman seindonesia seperti ke
pulau Kalimantan, Sumatera, Sulawesi dan Papua. Ada 2 faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian ikan koi di Td Koi
Farm yaitu faktor internal (motivasi) dan faktor eksternal (harga, produk, lokasi,
promosi dan pelayanan) dari konsumen itu sendiri. Faktor internal merupakan
faktor pendorong yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen yang
berasal dari dalam diri konsumen itu sendiri. Motivasi konsumen ini didorong oleh
rasa ketertarikan akan ikan hias itu sendiri serta untuk memenuhi kepuasan serta
kebutuhan pribadi masing-masing konsumen. Faktor eksternal dalam
mempengaruhi faktor yang berasal dari luar diri konsumen. Harga yang sesuai
dengan kualitas ikan yang ditawarkan menjadi suatu faktor yang menentukan
keputusan pembelian konsumen. Produk dengan kualitas yang baik dan juga
dengan berbagai pilihan jenis ikan koi merupakan salah satu faktor. Lokasi yang
mudah dijangkau serta pelayanan dari pemilik terhadap konsumen saat
melakukan negosiasi ataupun pembelian merupakan hal-hal yang
mempengaruhi keputusan pembelian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh media sosial (facebook,
whatsapp dan gabungan) memberikan pengaruh terhadap pembelian sebesar
50,7 % sedangkan sisanya berasal dari variabel lain. Variabel Facebook,
Whatsapp dan Gabungan secara simultan berpengaruh secara nyata dengan F
hitung 10,637 dan nilai sig F sebesar 0,000. Variabel Facebook secara parsial
berpengaruh nyata terhadap pembelian dengan t hitung sebesar 2,336 dan
tingkat signifikansi sebesar 0,026. Variabel Whatsapp secara parsial
berpengaruh nyata terhadap pembelian dengan t hitung sebesar 2,143 dan
tingkat signifikansi sebesar 0,040. Variabel Gabungan secara parsial
berpengaruh nyata terhadap pembelian dengan t hitung sebesar 2,018 dan
tingkat signifikansi sebesar 0,052.
Saran yang dapat diberikan pada Td Koi Farm ini adalah dengan semakin
maraknya media sosial saat ini, akan lebih baik bila pemilik Td Koi Farm juga
menggunakan instagram untuk membantu dalam mepromosikan ikan koi yang
dijual agar volume pembelian semakin meningkat.</description><date>2017-07-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Ningtyas, Kesuma (2017) Pengaruh Media Sosial Terhadap Pembelian Ikan Koi Di TD Koi Farm, Desa Kemloko, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FPR/2017/553/051707007</relation><recordID>6990</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Ningtyas, Kesuma |
title |
Pengaruh Media Sosial Terhadap Pembelian Ikan Koi Di TD Koi
Farm, Desa Kemloko, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar,
Provinsi Jawa Timur |
publishDate |
2017 |
topic |
658.872 Telemarketing and direct marketing |
url |
http://repository.ub.ac.id/6990/ |
contents |
Potensi sektor perikanan Kabupaten Blitar sangat menjanjikan terutama
pada ikan hias koi. Sehingga setiap menyebut ikan hias koi pasti mengarah ke
Blitar sebagai salah satu produksi ikan hias berkualitas. Pemasaran merupakan
suatu hal yang perlu diperhatikan dalam bisnis ikan koi ini karena pemasaran
merupakan inti dari sebuah usaha yang dijalankan. Persaingan yang semakin
ketat antar pembudidaya mengharuskan pembudidaya untuk meningkatkan
teknik pemasaran agar memperoleh hasil yang maksimal. Untuk mendapatkan
hasil atau keuntungan yang maksimal maka pembudidaya perlu memperhatikan
salah satu aspek bauran pemasaran yaitu aspek promosi. Promosi ini
merupakan salah satu aspek yang dapat menaikkan volume penjualan karena
dapat menarik minat beli konsumen sehingga memutuskan untuk membeli ikan
koi tersebut. Penggunaan media sosial dapat memberikan kemudahan dalam
proses promosi karena jangkauan promosi dari media sosial ini sangat luas. Hal
tersebut juga didukung dengan jumlah penggunaan internet di Indonesia yang
meningkat setiap tahunnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis
mengenai profil dari Td Koi Farm, faktor yang mempengaruhi keputusan
pembelian ikan koi dan pengaruh media sosial terhadap pembelian ikan koi.
Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 35 orang yang merupakan
konsumen dari Td Koi Farm. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2017 di Td
Koi Farm Desa Kemloko, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan
kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Data
sekunder didapatkan dari berbagai sumber yaitu diperoleh dari Badan Pusat
Statistik (BPS) dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP). Metode analisis data
yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif naratif untuk
menjawab tujuan profil Td Koi Farm dan faktor-faktor yang mempengaruhi
keputusan pembelian, sedangkan untuk tujuan pengaruh media sosial terhadap
pembelian digunakan analisis deskriptif kuantitatif yaitu dengan analisis regresi
berganda.
Td Koi Farm merupakan usaha ikan hias koi yang didirikan oleh bapak
Sutadi yang berlokasi di Desa Kemloko, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar
sejaka tahun 1993. Jenis ikan koi yang dijual di Td Koi Farm ini adalah seperti koi
jenis kohaku, shoa, sanke, kojaku, tanco dan lain-lain. Kualitas yang
ditawarkanpun beragam mulai dari kualitas super, kualitas A, kualitas B dan juga
kualitas C. Td Koi Farm ini sudah melakukan pengiriman seindonesia seperti ke
pulau Kalimantan, Sumatera, Sulawesi dan Papua. Ada 2 faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian ikan koi di Td Koi
Farm yaitu faktor internal (motivasi) dan faktor eksternal (harga, produk, lokasi,
promosi dan pelayanan) dari konsumen itu sendiri. Faktor internal merupakan
faktor pendorong yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen yang
berasal dari dalam diri konsumen itu sendiri. Motivasi konsumen ini didorong oleh
rasa ketertarikan akan ikan hias itu sendiri serta untuk memenuhi kepuasan serta
kebutuhan pribadi masing-masing konsumen. Faktor eksternal dalam
mempengaruhi faktor yang berasal dari luar diri konsumen. Harga yang sesuai
dengan kualitas ikan yang ditawarkan menjadi suatu faktor yang menentukan
keputusan pembelian konsumen. Produk dengan kualitas yang baik dan juga
dengan berbagai pilihan jenis ikan koi merupakan salah satu faktor. Lokasi yang
mudah dijangkau serta pelayanan dari pemilik terhadap konsumen saat
melakukan negosiasi ataupun pembelian merupakan hal-hal yang
mempengaruhi keputusan pembelian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh media sosial (facebook,
whatsapp dan gabungan) memberikan pengaruh terhadap pembelian sebesar
50,7 % sedangkan sisanya berasal dari variabel lain. Variabel Facebook,
Whatsapp dan Gabungan secara simultan berpengaruh secara nyata dengan F
hitung 10,637 dan nilai sig F sebesar 0,000. Variabel Facebook secara parsial
berpengaruh nyata terhadap pembelian dengan t hitung sebesar 2,336 dan
tingkat signifikansi sebesar 0,026. Variabel Whatsapp secara parsial
berpengaruh nyata terhadap pembelian dengan t hitung sebesar 2,143 dan
tingkat signifikansi sebesar 0,040. Variabel Gabungan secara parsial
berpengaruh nyata terhadap pembelian dengan t hitung sebesar 2,018 dan
tingkat signifikansi sebesar 0,052.
Saran yang dapat diberikan pada Td Koi Farm ini adalah dengan semakin
maraknya media sosial saat ini, akan lebih baik bila pemilik Td Koi Farm juga
menggunakan instagram untuk membantu dalam mepromosikan ikan koi yang
dijual agar volume pembelian semakin meningkat. |
id |
IOS4666.6990 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2018-01-19T18:33:19Z |
last_indexed |
2021-10-18T02:11:56Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751453630580391936 |
score |
17.538404 |