The Correlation between Grammar Competence and Writing Competence of the Second Year Students at SMP Negeri 4 Batu
Main Author: | Hudayato, Dimas Ken |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/697/1/Dimas%20Ken%20Hudayato.pdf http://repository.ub.ac.id/697/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mencaari tahu apakah ada korelasi yang signifikan antara kemampuan tata bahasa dan kemampuan menulis pada siswa tahun kedua di SMP Negeri 4 Batu. Di dalam peneltian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif dan desain korelasi. Subyek dari penelitia ini adalah 30 siswa yang diambil dari kelas 8-E. Seperti yang sudah di informasikan oleh guru Bahasa Inggris, siswa kelas 8-E memiliki pencapaian bahasa Inggris terbaik daripada kelas yang lain. Maka dari itu, peneliti menggunakan kelas ini sebagai sampel dari penelitian ini. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan dua instrument, tes tata bahasa da tes menulis. Fokus dari tes tata bahasa adalah melengkapi subject verb agreement pada simple present tense, simple present continuous, and simple past tense sebagai materi yang diajarkan pada semester tersebut. Untuk tes menulis, terfokus pada membentuk kalimat yang meliputi tenses pada topik tertentu. Untuk menilai tes tata bahasa, peniliti menggunakan kunci jawaban, dan untuk menilai tes menulis, peneliti menggnakan rubrik penillaian dari Brown (2007). Kedua instrumen tersebut sudah di validasi oleh guru Bahasa Inggris SMP Negeri 4 Batu. untuk mencari tahu adanya korelasi, peneliti menggunakan Pearson Produk Momen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai ro adalah 0.927 dan nilai rtable pada tingkat signifikan 1% adalah 0.478. Artinya adalah ro lebih tinggi daripada rtable (ro > rtable). Kemudian, ditemukan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kemampuan tata bahasa dan kemampuan menulis. Lebih jauh lagi, dapat dianggap bahwa hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima dan hipotesis null (Ho) ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kemampuan tata bahasa dan kemampuan menulis dengan nilai signifikan yang sangat tinggi.