Pengaruh Consumer Level Factors terhadap keputusan pembelian Private label (Survei pada pelanggan Nevada di Matahari Department Store Malang Town Square)

Main Author: Ramadhani, Mira
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/6958/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh strategi perusahaan untuk mengembangkan usahanya dengan cara memanfaatkan Consumer level factors yang bisa membandingkan antara satu produk dengan produk yang sudah ada dipasaran. Strategi tersebut memungkinkan konsumen untuk memilih antara Brand nasional dan Private label yang menjadi alternatif memilih barang fungsional. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 119 orang responden yang merupakan pelanggan nevada di Matahari department store malang town square. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif,analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Hasil pengaruh consumer level factors menunjukkan bahwa ada empat variabel bebas yaitu consumer risk perception, price consciousness, price quality association dan brand loyalty. Variabel terikat yaitu keputusan pembelian private label. Analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Fhitung sebesar 71,006 signifikan 0,05 yang berarti memiliki pengaruh yang signifikan secara bersamasama terhadap keputusan pembelian (Y). Secara parsial variabel bebas consumer risk perception, price consciousness, price quality association dan brand loyalty terdapat satu variabel price consciousness yang tidak signifikan sebesar 0,383 (α>0.05). Kesimpulan dari penelitian ini, ada 4 variabel yang membentuk consumer level factors, yaitu Consumer risk perception, price consciousness, price quality association dan brand loyalty. Perusahaan dapat memanfaatkan kekuatan merek nevada untuk mewujudkan loyalitas merek tersendiri pada pelanggan Matahari department store yang dapat memberikan pengaruh terhadap tingkat penjualan nevada.