Penerapan Pasal 8 Ayat (1) Huruf (G) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terhadap Pelaku Usaha Yang Menjual Pangan Jajanan Krupuk Di Pasar Besar Kota Malang

Main Author: Orlandi, Immanuel Toni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/6946/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas pelanggaran yang dilakukan oleh pelaku usaha yang menjual produk pangan jajanan krupuk berdasarkan hasil di Pasar Besar Kota Malang dan pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Perdagangan dan Dinas Kesehatan Kota Malang. Penulisan skripsi ini menggunakan metode yuridis empiris dengan pendekatan yuuridis sosiologis, data primer dan sekunder yang diperoleh penulis dianalisis dengan teknik deskriptif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan Pasal 8 Ayat (1) Huruf (G) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen terhadap pelaku usaha yang menjual pangan jajanan krupuk di pasar besar Kota Malang kurang efektif karena pelaku usaha yang menjual pangan jajanan krupuk tidak mencantumkan tanggal kadaluwarsa pada produk pangan masih melakukan pelanggaran. Faktor Penghambat dibagi menjadi dua yaitu faktor hukum dan non hukum. Upaya yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Malang yaitu penyuluhan kepada pelaku usaha, penyuluhan ke masyarakat Kota Malang, penyebaran pamflet. Upaya yang dilakukan Dinas Perdagangan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk melakukan pengawasan barang