Representasi Identitas Wirausahawan dalam Iklan Situs Jual Beli Online Tokopedia di Televisi (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Tokopedia Versi “Ciptakan Peluangmu” dan “Berani Memulai, Berani Berusaha)

Main Author: Luthfiyah, Kartika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/694/1/Kartika%20Luthfiyah.pdf
http://repository.ub.ac.id/694/
Daftar Isi:
  • Periklanan televisi saat ini mengalami pergeseran dengan tidak hanya berfokus kepada produk, akan tetapi juga menggambarkan hubungan antara pengguna dan produk. Disamping itu, modernisasi menciptakan adanya standarstandar tertentu pada masyarakat. Hal ini mengakibatkan nilai-nilai di masyarakat yang diangkat ke dalam iklan juga membentuk standar dalam penggambarannya. Pembentukan standar tersebut dilakukan melalui scripted identity. Tokopedia merupakan salah satu perusahaan yang ingin menciptakan standar tersebut dengan mengangkat realita sosial dalam iklannya. Sebagai marketplace terbesar di Indonesia, Tokopedia menggambarkan iklannya dengan menampilkan sosoksosok wirausahawan sebagai pembuktian bahwa wirausahawan juga merupakan sosok yang memiliki standar. Tokopedia juga menggambarkan sosok wirausahawan dengan membandingkannya dengan non-wirausahawan. Menimbulkan adanya dominasi dalam penggambaran dalam iklan. Tujuan dari peneilitian ini adalah untuk melihat bagaimana sosok wirausahawan direpresentasikan dalam iklan Tokopedia versi “Ciptakan Peluangmu” dan “Berani Memulai, Berani Berusaha” sebagaimana kajian Cultural studies yaitu berupaya membongkar adanya dominasi dalam sebuah teks praktik budaya. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik analisis semiotika Roland Barthes. Teknik tersebut digunakan untuk menganalisis adegan-adegan dalam iklan yang menggambarkan sosok wirausahawan. Dalam penelitian ini menggunakan prinsip sinematografi untuk menelaah lebih dalam makna-makna yang terkandung dalam iklan baik yang tersirat maupun tersurat. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa sosok wirausahawan dalam kedua iklan Tokopedia ini digambarkan sebagai sebuah pekerjaan yang sangat ringan dan dilakukan tidak dengan „tangan kotor‟. Selain itu digambarkan juga profesi wirausahawan adalah profesi tanpa resiko dan mendekatkan seseorang dengan kesuksesan.