Analisis Penerapan Green Marketing pada Produk NaoOgst Cigar Sebagai Strategi Pemasaran Internasional (Studi pada PTPN X)
Main Author: | Ajizah, Nuris |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/6900/ |
Daftar Isi:
- Perusahaan yang menerapkan green marketing sebagai strategi pemasarannya, dianggap lebih mudah dalam membangun citra positif perusahaan. Terlebih ketika perusahaan yang menerapkan green marketing adalah perusahaan dengan produk yang dipasarkan di pasar internasional, maka secara otomatis green marketing akan diterapkan sebagai strategi pemasaran internasional dalam menjangkau pasar internasional. Sama halnya yang dilakukan oleh PTPN X yang menerapkan green marketing sebagai strategi pemasaran internasional pada produk tembakau cerutu NaoOgst Cigar yang menjadi komoditi unggulan untuk di ekspor ke beberapa negara di Eropa. Produk tembakau cerutu ini banyak diminati pasar internasional selain karna kualitasnya yang tinggi juga karena tembakau cerutu ini menerapkan pemasaran hijau sebagai manajemen pemasarannya. Penelitian ini Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber wawancara adalah Bapak Bambang selaku kepala urusan pemasaran divisi tembakau, Ibu Indah selaku asisten urusan pemasaran divisi tembakau, dan Bapak Aris selaku kepala urusan produksi divisi tembakau. Analisa data pada penelitian ini menggunakan metode triangulasi data dalam menghasilka keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PTPN X telah menerapkan green marketing dengan baik apabila ditinjau dari bauran pemasaran, yakni produk, saluran distribusi, promosi, dan harga. Hal ini dibuktikan melalui proses pengolahan yang mengutamakan keramahan demi keberlangsungan lingkungan dan proses produksi yang mengutamakan proses secara manual demi mengurangi penggunaan bahan bakar dan polusi yang dihasilkan.