Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Wisata Religi Masjid Tiban Kabupaten Malang (Studi Pada Pengunjung Wisata Religi Masjid Tiban Kabupaten Malang)
Main Author: | Azis, Moh. Riza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/6882/ |
Daftar Isi:
- Pariwisata adalah salah satu aset yang menarik dan dimiliki oleh setiap negara. Pariwisata mempunyai dampak positif yang dapat menambah pendapatan negara dan mengangkat perekonomian daerah sekitar. Wisata religi merupakan salah satu wisata yang sudah sejak dulu dilakukan oleh masyarakat. Wisata religi erat kaitannya dengan faktor psikologis karena berhubungan dengan keyakinan atau kepercayaan seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaru faktor psikologis yang terdiri dari motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan, dan sikap terhadap keputusan berkunjung wisatawan pada wisata religi Masjid Tiban di Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan penelitisn eksplanatori dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan metode non probability dengan purposive sampling. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas). Data analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda sedangkan uji hipotesis menggunakan uji F, uji t, dan uji dominan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan, dan sikap berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan pada wisata religi Masjid Tiban Kabupaten Malang. Variabel motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan, dan sikap berpengaruh signifikan secara parsial sedangkan keyakinan merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh.