Evaluasi Pengawasan Pemberian Kredit Sebagai Upaya Untuk Meminimalkan Non Performing Loan (Studi Pada Kredit Ritel Komersial PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Kawi Kota Malang)

Main Author: Setiawati, Silvia Dewi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/6874/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dibuat untuk mengetahui cara PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Kawi Kota Malang dalam memberikan Kredit Ritel Komersial kepada nasabahnya serta cara meminimalkan Non Performing Loan (kredit bermasalah). Banyaknya nasabah dari PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Kawi Kota Malang menyebabkan banyak pula yang mengajukan permohonan kredit yaitu sebanyak 470 nasabah pada tahun 2012, 558 nasabah pada tahun 2013, dan sebanyak 800 nasabah pada tahun 2014 (PT. BRI (persero), Tbk : 2015). Kredit Ritel Komersial PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Kawi Kota Malang mengalami fluktuatif dalam periode 2012 – 2014. Tingkat Non Performing Loan pada tahun 2013 sebesar 2,44% yang sudah mengalami penurunan dari tahun sebelumnya dan telah berada di bawah batas aman yang ditentukan oleh Bank Indonesia sebesar 5%. Akan tetapi pada tahun 2014 persentase Non Performing Loan mengalami kenaikan yang signifikan menjadi 6,08% yang menunjukkan bahwa persentasenya berada di atas batas aman Bank Indonesia, sehingga hal ini menyebabkan bank dalam kondisi yang tidak baik. Berdasarkan penjelasan tersebut, penting adanya evaluasi pengawasan pemberian kredit ritel komersial dan cara mengatasi Non Performing Loan (kredit bermasalah) PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Kawi Kota Malang yang dapat merugikan pihak Bank.