Implementasi Pasal 17 Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 2 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Dan Pemberdayaan Penyandang Disabilitas (Studi Di Dinas Sosial Di Kota Malang)

Main Author: Mahri, Muhammad Fahmi Abdillah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/6850/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.ub.ac.id/6850/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui dan menganalisis Implementasi Pasal 17 Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 2 Tahun 2014 dalam pemenuhan hak pendidikan bagi penyandang disabilitas di Kota Malang dan mengidentifikasi kendala yang mempengaruhi serta solusi untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Yuridis Empiris dan dianalisis dengan teori implementasi kebijakan Van Meter Van Horn. Hasil penelitian menunjukan Implementasi Pasal 17 Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 2 Tahun 2014 dalam pemenuhan hak pendidikan bagi penyandang disabilitas di Kota Malang sudah berjalan dengan cukup baik apabila dikaji dari variabel ukuran dasar kebijakan, sumber-sumber kebijakan, komunikasi antar organisasi, karakteristik agen pelaksana, disposisi atau kecenderungan implementator dan kondisi lingkungan sosial, politik dan ekonomi serta pemenuhan hak pendidikan bagi penyandang disabilitas telah terpenuhi dan memiliki hak yang sama dalam mengenyam pendidikan . Kendala yang mempengaruhi terdiri dari faktor internal seperti terlalu sedikitnya UPT di Kota Malang dan kurangnya koordinasi di tingkat RT/RW dan faktor eksternal seperti Kurangnya kesadaran keluarga penyandang disabilitas untuk mendaftarkan anggota kepada lembaga pendidikan khusus penyandang disabilitas, kondisi lingkungan sosial tempat penyandang disabilitas, rasa malu dari penyandang disabilitas. Sehingga diperlukan solusi seperti penambahan UPT, koordinasi yang terpadu hingga tingkat RT/RW dan sosialisasi mengenai hak penyandang disabilitas dalam memperoleh pendidikan.