Penilaian Kinerja Karyawan Departemen Marketing Di PT. Kusumasatria Agrobio Taniperkasa (Divisi Agrowisata) Berdasarkan Kompetensi Spencer Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Main Author: Farros, Ghaffar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/6834/
Daftar Isi:
  • Dalam pemenuhan kebutuhan, indonesia tengah mengalami era pelayanan dimana konsumen menuntut bukan hanya barang yang berkualitas, tapi juga pelayanan yang cepat, tepat, terjamain, nyaman, mudah dan ramah. Pelanggan ingin dilayani sebagai konsumen secara utuh yang memperhatikan kebutuhan kecil mereka agar perusahaan mampu memperoleh loyalitas dari konsumen. Pada era ini, manusia memegang peranan sentral dalam membangun keunggulan perusahaan sehingga penting bagi perusahaan meningkatkan kualitas kinerja karyawan untuk memaksimalkan pelayanan terhadap konsumen. Dalam mencapai hal tersebut, maka kinerja dari karyawan harus ditingkatkan dengan memantau sejauh mana target telah tercapai melalui penilaian kinerja karyawan. Beberapa kemungkinan kesalahan dalam penilaian kinerja menunjukkan sebagian besar resiko kesalahan diakibatkan oleh subjektifitas penilai, oleh karena itu penggunaan metode dan kriteria penilaian harus tepat untuk meminimalisir subjektivitas tersebut. PT. Kusumasatria Agrobio Taniperkasa atau dengan nama dagang Kusuma Agrowisata dalam penilaian kinerjanya tidak menggunakan sistem pembobotan dimana pembobotan memiliki arti penting dalam sebuah penilaian kinerja. Tingginya resiko subjektivitas penilaian juga dapat menjadi kendala dalam proses penilaian kinerja karyawan. Disamping itu, data pengunjung menunjukkan grafik yang fluktuatif. Hal tersebut menggambarkan kinerja dari karyawan pada departemen marketing melum konsisten dan butuh metode penilaian secara kuantitatif dengan kriteria penilaian yang tepat untuk meminimalisir kesalahan penilaian Berdasarkan uraian tersebut maka dirumuskan tujuan penelitian ini yaitu (1) Menganalisa bobot kriteria penilaian kinerja berdasarkan kompetensi spencer pada departemen marketing di PT. Kusumasatria Agrobio Taniperkasa dan (2) Menganalisa hasil penilaian kinerja karyawan pada departemen marketing dengan metode Analytical Hierarchy Process di PT. Kusumasatria Agrobio Taniperkasa. Dengan batasan masalah yang hanya dilakukan pada departemen marketing dengan masa kerja lebih dari 3 tahun yang dilakukan terhadap karyawan dengan level staff dan supervisor. Melalui hasil wawancara dan pengisian kuesioner oleh 3 responden sebagai key informant, maka diperoleh bobot yang berbeda-beda dari setiap kompetensi pada tim kerja yang berbeda. Pada tim kerja sales, bobot paling besar dari kompetensi penilaian ditunjukkan oleh kompetensi menolong dan melayani (X2) dengan bobot 0,312509 dan global weight paling tinggi ditunjukkan oleh sub kompetensi melayani pelanggan (X2.2) senilai 0,215938. Sementara pada tim kerja pemandu bobot kompetensi umum ditunjukkan oleh menimbulkan dampak dan pengaruh (X3) dengan bobot 0,252235 dan global weight terbesar pada sub kompetensi kesadaran organisasi dengan senilai 0,142049519. Rasio konsistensi yang menunjukkan konsistensi dari data yang diperoleh dari ketiga responden menunjukkan angka dibawah 0,1 yang berarti data yang diperoleh dapat dikatakan konsisten Berdasarkan bobot tersebut maka penilaian kinerja karyawan dilakukan oleh ketiga responden yang berwenang. Hasil penilaian menunjukkan dari 18 karyawan, 4 diantaranya menujukkan hasil yang melebihi harapan, 12 dengan kinerja cukup memuaskan, sementara 2 lainnya butuh perbaikan akan kinerjanya. Penyebab dari perbedaan nilai tersebut dapat berasal dari individu masing-masing, pengalaman, maupun tingkat kesulitan dalam pekerjaan yang dilakukan. Menanggapi hal ini perusahaan memiliki peran penting dalam menjaga konsistensi dari karyawan yang kinerjanya baik, meningkatkan yang berpotensi dan memperbaiki karyawan dengan kinerja rendah agar kualitas pelayanan yang baik terhadap konsumen dapat tercapai.