Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Sari Apel BM Di Kota Batu
Main Author: | Siahaan, Yosephine |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/6821/ |
Daftar Isi:
- Persepsi kualitas merupakan penilaian yang dibuat oleh konsumen terhadap mutu atau keunggulan dari sebuah produk. Persepsi kualitas yang baik terhadap produk akan memberikan kepuasan bagi konsumen karena dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Kepuasan konsumen memiliki manfaat yakni memungkinkan terciptanya rekomendasi word of mouth serta dapat mendorong terciptanya loyalitas pelanggan. Loyalitas akan mempertahankan konsumen lama serta membangun interaksi baru yang menjadi tantangan bagi pelaku bisnis. Perusahaan perlu menempatkan orientasi kepuasan dan loyalitas konsumen sebagai tujuan utama perusahaan dikarenakan semakin ketatnya persaingan yang disebabkan oleh semakin banyaknya produsen yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan konsumen. Jumlah unit agroindustri sari apel yang cukup banyak berkembang di Kota Batu mengakibatkan adanya persaingan antar agroindustri penghasil sari apel untuk menarik perhatian konsumen, sehingga agroindustri BM harus memiliki upaya dalam mempertahankan posisi di pasar. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh agroindustri untuk mempertahankan konsumen agar tetap loyal dengan produknya adalah memberikan kesan kualitas produk yang baik dan sesuai dengan harapan konsumen. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh persepsi kualitas terkait atribut intrinsik dan atribut ekstrinsik produk terhadap kepuasan konsumen, serta pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen sari apel BM. Penelitian ini dilakukan pada bulan April – Mei 2017. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebesar 105 responden yang ditentukan dengan menggunakan metode Maximum Likelihood. Teknik penentuan sampel menggunakan accidental sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Analisis statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan karakteristik sosial ekonomi responden di daerah penelitian, sedangkan analisis menguji hipotesis menggunakan alat analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan software AMOS 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan struktural yang terbentuk dari hasil analisis dengan SEM yaitu ƞ1 = 0,29 ξ1 + 0,27 ξ2 + 0,16 Z1 dan ƞ2 = 0,82 ƞ1 + 0,076 Z2. Persamaan ƞ1 merupakan persamaan model struktural yang menyatakan bahwa kepuasan konsumen dipengaruhi oleh persepsi kualitas terkait atribut intrinsik (ξ1) dan atribut ekstrinsik (ξ2). Persepsi kualitas terkait atribut intrinsik (ξ1) dan atribut ekstrinsik (ξ2) berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen dengan nilai koefisien jalur masing-masing sebesar 0,29 dan 0,27 dengan nilai residual sebesar 0,16. Berdasarkan hasil analisis tersebut, variabel laten yang memiliki pengaruh lebih besar terhadap kepuasan konsumen yaitu atribut intrinsik. Persamaan ƞ2 merupakan model struktural yang menyatakan bahwa loyalitas konsumen (ƞ2) dipengaruhi oleh kepuasan konsumen (ƞ1). Kepuasan konsumen (ƞ1) berpengaruh secara signifikan ii dan positif dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,82 dan nilai residual sebesar 0,076. Hal yang perlu diperhatikan bagi agroindustri BM Kota Batu adalah mempertahankan kualitas produk terutama cita rasa apel murni pada produk agar kepuasan konsumen selalu tercipta seiring kualitas produk yang tetap terjaga. Agroindustri harus meningkatkan kualitas atribut ekstrinsik terutama dengan menjaga ketersediaan produk sari apel agar tetap memenuhi kebutuhan konsumen, yakni dengan menambah mesin produksi serta melakukan produksi yang lebih gencar sebelum memasuki bulan puasa agar persediaan mencukupi permintaan konsumen di bulan puasa. Agroindustri juga perlu memperhatikan kepuasan konsumen secara terus menerus dengan melakukan riset secara berkala pada konsumen, sehingga perusahaan dapat mengetahui persepsi konsumen terhadap produk serta dapat mengevaluasi kinerja kualitas produk agar konsumen dapat selalu puas dan loyal dengan sari apel BM.