The Correlation between the Students’ Vocabulary Mastery and Reading Comprehension
Main Author: | Hidayatullah, Wahyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/682/1/WAHYU%20HIDAYATULLAH.pdf http://repository.ub.ac.id/682/ |
Daftar Isi:
- Kosakata berkaitan dengan empat kemampuan dalam bahasa Inggris. Membaca adalah satu dari kemampuan-kemampuan yang mempunyai porsi paling sering diajarkan di Indonesia. Jadi, dapat diasumsikan bahwa ketika siswa mempunyai pencapaian bagus dalam bahasa Inggris, maka seharusnya kemampuan memahami bacaan siswa juga bagus. Ketika kemampuan memahami bacaan siswa bagus, maka seharusnya menunjukkan bahwa siswa menguasai banyak kosakata. Salah satu dari sekian sekolah yang dimana muridnya mempunyai bahasa Inggris yang bagus adalah SMAN 1 Talun. Maka dari itu, peneliti melaksanakan sebuah penelitian untuk mengetahui hubungan antara penguasaan kosakata dan kemampuan memahami bacaan siswa di sekolah ini. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Peneliti mengambil 32 siswa dari kelas XI IPA 1 dengan mengaplikasikan purposive sample. Di dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen yang meliputi tes penguasaan kosakata dan tes kemampuan memahami bacaan. Kemudian, data dihitung secara statistik menggunakan SPSS v.16 untuk menegtahui korelasi antara penguasaan kosakata dan kemampuan memahami bacaan. Temuan-temuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut; (1) nilai r lebih tinggi daripada rtable (0.352>0.296) pada signifikan 5% dengan df 30, dan (2) nilai t lebih tinggi daripada ttable (5.477>1.697) pada signifikan 5%, maka (3) hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis kosong (Ho) ditolak, itu berarti (4) ada korelasi antara penguasaan kosakata dan kemampuan memahami bacaan, namun (5) nilai dari korelasi ini dikategorikan rendah. Berdasarkan dari temuan-temuan, disarankan kepada para guru untuk memastikan bahwa siswa dapat mengoptimalkan pencapaian penguasaan kosakata untuk memaksimalkan kemampuan memahami bacaan. Guru juga harus memastikan bahwa tingkat kesulitan soal proporsional terlebih dahulu sebelum digunakan siswa. Untuk para peneliti selanjutnya, disarankan untuk menemukan faktor-faktor yang memungkinkan untuk mempengaruhi daripada hasil korelasi pada penelitian ini yang menunjukkan rendahnya korelasi dengan pendekatan penelitian yang lain.