Analisis Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Keripik Kentang Berdasarkan Product Life Cycle Di CV. Cita Mandiri Kecamatan Junrejo Kota Batu Provinsi Jawa Timur
Main Author: | Mafrudhi, Iqbalul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/6794/ |
Daftar Isi:
- CV. Cita Mandiri merupakan agroindustri yang mengelola dan memproduksi olahan buah dan sayuran seperti keripik dan stik. Agroindustri ini memasarkan produk dengan membuka outlet, mengirimkan produksi ke toko retail, serta tempat penjualan oleh-oleh makanan khas di Kota Batu. Keripik kentang merupakan olahan yang pertama kali dirintis. Persaingan di kalangan produksi produk sejenis semakin banyak sehingga perusahaan perlu melakukan berbagai strategi guna mengembangkan perusahaan. Namun, perusahaan belum melakukan strategi yang intensif guna semakin mengembangkan produk agar lebih dikenal masyarakat luas. Promosi yang dilakukan masih terbilang sangat sederhana meskipun telah menggunakan teknologi. Selain itu, terjadinya fluktuatif pada volume penjualan yang membuat belum maksimalnya pemasaran. Permasalahan tersebut memerlukan perbaikan dengan mengukur sejauh mana posisi keripik kentang pada tahapan siklus hidup produk. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan bauran pemasaran dan segmentation, targeting, positioning yang diterapkan CV. Cita Mandiri dalam memasarkan produk keripik kentang (2) menganalisis posisi produk keripik kentang pada siklus hidup produk (3) mengidentifikasi kesesuaian strategi bauran pemasaran keripik kentang CV. Cita Mandiri dengan tahapan siklus hidup produk yang telah dianalisis. Penelitian ini menggunakan key informan sebagai orang yang memberikan informasi dalam penelitian sesuai dengan data yang diperlukan. Key informan yang diambil juga mempertimbangkan keahlian dalam bidangnya yaitu pemilik perusahaan atau Direktur dan Asisten Manajer perusahaan. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan metode Polli and Cook. Berdasarkan penelitian, perusahaan CV. Cita Mandiri menerapkan strategi pemasaran yaitu STP (Segmentation, Targeting, Positioning) serta marketing mix yaitu 4P (Product, Price, Place, Promotion). Segmentasi keripik kentang CV. Cita Mandiri merupakan semua usia, baik laki-laki maupun perempuan. Target perusahaan yaitu masyarakat umum dan perusahaan memposisikan produk keripik kentang dengan memberikan kualitas yang baik dan aman dikonsumsi. Hasil analisis menggunakan metode Polli and Cook pada keripik kentang CV. Cita Mandiri yaitu posisi produk keripik kentang CV. Cita Mandiri pada tahapan siklus hidup produk berada pada tahap pertumbuhan (growth) : ΣΔ% (X) > μ + 0,5σ = 9,79 > 3,57. Strategi bauran pemasaran yang seharusnya dilakukan oleh perusahaan CV. Cita Mandiri pada tahap pertumbuhan adalah dengan menawarkan perluasan produk, perluasan layanan dan jaminan, harga untuk penetrasi pasar, membangun distribusi intensif, dan membangun kesadaran dan minat di pasar massal.