Pengaruh Servicescape Terhadap Revisit Intention Dengan Pleasure Feeling Emotion Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pengunjung Wisata Edukasi The Bagong Adventure Museum Tubuh)

Main Author: Rahmat, Bagus Basuki
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/6762/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh penerapan servicescape terhadap revisit intention dengan pleasure feeling emotion sebagai variabel mediasi (Studi Pada Wisata Edukasi The Bagong Adventure Museum Tubuh). Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 120 responden yang diambil dari populasi pengunjung Wisata Edukasi The Bagong Adventure Museum Tubuh. Pengambilan sampel menggunakan tekhnik purposive sampling dengan karakterisitik sampel yang dipilih yaitu minimal berusia 17 tahun, minimal pernah satu kali berkunjung ke Wisata Edukasi The Bagong Adventure Museum Tubuh. Metode Analisis menggunakan PLS SEM dengan software SmartPLS 3.2.6. Uji instrumen penelitian meliputi uji outer model, uji inner model, dan uji hipotesis. Uji hipotesis langsung menggunakan t-test sedangkan hipotesis tidak langsung menggunakan uji sobel. Hasil penelitian menunjukan bahwa servicescape mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pleasure feeling emotion pengunjung Wisata Edukasi The Bagong Adventure Museum Tubuh. Pleasure feeling emotion tidak mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel revisit intention pengunjung Wisata Edukasi The Bagong Adventure Museum Tubuh. Servicescape mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention pengunjung Wisata Edukasi The Bagong Adventure Museum Tubuh. Sedangkan untuk pengaruh tidak langsung servicescape terhadap revisit intention melalui pleasure feeling emotion menunjukan hasil yang positif dan signifikan.