Analisis Kinerja Pustakawan dalam Memberikan Layanan Pustaka (Studi pada Layanan Koleksi Label Putih Perpustakaan Univeritas Brawijaya Malang)
Main Author: | Romadhoni, Anita Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/6744/ |
Daftar Isi:
- Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang berperan sebagai penyedia informasi untuk memenuhi kebutuhan pemustaka. Berdasarkan Keputusan MENPAN Nomor. 132 Tahun 2002 dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 9 tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya, bahwa peran pustakawan sebagai tenaga profesional sebagaimana diatur dalam keputusan, memang sangat diperlukan bagi perpustakaan perguruan tinggi di tempat kerjanya. Perannya yang utama adalah sebagai pengorganisasi bahan pustaka bagi pemenuhan kebutuhan pemakai dan sebagai bimbingan tentang cara-cara bagaimana menggunakan bahan pustaka untuk kepentingan pemakai sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal. Pustakawan harus mampu dan berusaha membangun atau mengembangkan kinerjanya kearah yang lebih baik. Penelitian analisis kinerja pustakawan ini dilakukan untuk dapat mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis sejauh mana kinerja pustakawan dalam memberikan layanan pustaka, serta faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pustakawan di Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan juga studi dokumentasi. Peneliti lebih memaksimalkan dengan menggunakan metode wawancara sebagai penggalian informasi dan dikaitkan dengan teori. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dari Miles, Huberman, dan Saldana (2014) dengan tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pustakawan di Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang khususnya pustakawan yang bertugas di layanan koleksi label putih sudah mengetahui dan memahami namun masih perlu meningkatkan dalam meberikan pelayanan pada aspek-aspek kinerja pustakawan yang meliputi pengetahuan tentang pekerjaan, kuantitas hasil kerja, kebiasaan kerja, tingkat kehadiran pustakawan, pemanfaatan sumber daya, kualitas kerja pustakawan, keramahan karyawan, kemampuan bekerja dalam tim, sikap terhadap kritik, adaptabilitas, waktu dan faktor yang dapat mempengaruhi kinerja pustakawan yaitu faktor kompetensi meliputi kemampuan dan keterampilan kerja, faktor dukungan organisasi meliputi penyediaan sarana prasarana dan kenyamanan lingkungan kerja, dan faktor dukungan manajemen meliputi manajerial pimpinan.