Analisis Pengaruh Pengalaman Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Coffee Toffee Malang)
Main Author: | Adi, Faris Rakha |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/6727/ |
Daftar Isi:
- Penulisan penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Pengalaman Pemasaran melalui dimensi yang ada yaitu Sense, Feel, Think, Act, dan Relate serta Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Coffee Toffee Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel yang ada melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel responden sebanyak 220 orang yang telah melakukan transaksi lebih dari dua kali dan berumur di atas 18 tahun. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik non-probability sampling. Uji hipotesis yang dilakukan menggunakan uji t atau nilai t-statistic. Alat analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dan dibantu dengan software SmartPLS 3.0. Hasil analisis yang didapat dalam penelitian ini adalah empat dimensi Pengalaman Pemasaran yaitu Sense, Feel, Think, dan Act memiliki pengaruh yang signifikan positif terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Sense menjadi dimensi yang dominan dan Relate tidak memiliki pengaruh yang signifikan dan positif. Empat dimensi pada Pengalaman Pemasaran yaitu Sense, Think, Act, dan Relate memiliki pengaruh signifikan positif terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Relate menjadi dimensi yang dominan dan Sense tidak memiliki pengaruh yang signifikan positif. Nilai thitung pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan mencapai 1.972. Nilai tersebut menunjukkan bahwa Kepuasan Pelanggan memiliki pengaruh signifikan positif terhadap Loyalitas Pelanggan.