Tingkat Kepuasan Nelayan Terhadap Fasilitas Unit Pelaksanan Teknis (UPT) Pelabuhan dan Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Tamperan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Main Author: Kasande, Feryzal
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/6712/
Daftar Isi:
  • Salah satu bentuk pelayanan yang mempunyai peranan penting dalam dunia perikanan, khususnya perikanan laut adalah tersedianya pelayanan jasa pelabuhan perikanan. Pelabuhan perikanan merupakan tempat pelayanan umum bagi masyarakat nelayan dan pengusaha perikanan tangkap dalam memanfaatkan sumber daya perikanan. Hal itu yang mendasari upaya pengembangan pelabuhan perikanan yang berasas pada harapan dan kepuasan nelayan agar nelayan senantiasa turut serta dilibatkan dalam pengembangan UPT P2SKP Tamperan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktifitas operasional di UPT P2SKP Tamperan, menganalisis pelayanan operasional pelabuhan terhadap tingkat kepuasan nelayan, dan merumuskan alternatif upaya perbaikan kinerja pelayanan operasional UPT P2SKP Tamperan dalam upaya memenuhi keinginan dan kebutuhan nelayan. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif yang dilakukan melalui kegiatan survey dengan menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel random. Obyek penelitian ini yaitu fasilitas yang terdapat di UPT P2SKP Tamperan. Analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis kuadran, analisis kesenjangan, dan indeks kepuasan pelanggan. Hasil analisis aktivitas operasional UPT P2SKP Tamperan yaitu aktivitas perbekalan melaut berjalan baik karena sudah berjalan sesuai Setandar Operasional Prosedur (SOP) dan tidak ada hambatan dalam pemenuhannya, sedangkan aktivitas pendaratan dan bongkar serta aktivitas distribusi dan pemasaran belum berjalan dengan baik. Hasil uji validitas menunjukan bahwa 15 pertanyaan dari 16 pertanyaan yang ditanyakan kepada nelayan dinyatakan valid. Pertanyaan yang valid memliki nilai t-hitung lebih besar dari pada t-tabel sebesar 1,2906. Hasil uji reliabilitas terhadap atribut-atribut kepuasan sebesar 0,76 untuk butir pertanyaan tingkat kinerja 0,659 untuk butir pertanyaan tingkat kepentingan, maka nilai tersebut dinyatakan andal. Analisis kuadran menunjukan ada beberapa atribut pelayanan operasional yang dianggap penting oleh nelayan tetapi kinerjanya masih dibawah harapan nelayan sehingga menjadi prioritas perbaikan, yaitu ketersedian suplai es, fasilitas sandar dan labuh kapal, fasilitas bongkar muat kapal, dan keberlangsungan proses pelelangan. Nilai rata-rata kesenjangan atribut pelayanan operasional UPT P2SKP Tamperan yaitu sebesar -0,42, artinya nelayan merasa puas terhadap pelayanan operasional UPT P2SKP Tamperan. Sedangkan hasil perhitungan indeks kepuasan nelayan 7 diperoleh nilai sebesar 67,21%, artinya pelayanan operasional P2SKP Tamperan berhasil memuasakan 67,21% nelayanan pengguna jasa operasional.