Analisis Sistem Dan Prosedur Penjualan Dan Penerimaan Kas dalam Mendukung Pengendalian (Studi Pada PT. Astra Internasional,Tbk Auto 2000 Kediri Suharmadji)
Main Author: | Anisyah, Janua Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/6539/ |
Daftar Isi:
- Kegiatan dalam perusahaan otomotif bermacam macam salah satunya penjualan. Dalam proses penjualan tentunya menghasilkan penerimaan berupa penerimaan kas maka perlulah adanya sebuah sistem dan prosedur penjualan dan menerimaan kas dalam mendukung pengendalian intern agar tujuan perusahaan tercapai. PT. Astra Internasional,Tbk Auto 2000 Kediri Suharmadji merupakan salah satu anak cabang Toyota yang berada dikediri setelah PT. Astra Internasional,Tbk Auto 2000 Kediri Hasanudin dimana pada PT. Astra Internasional Auto 2000 Kediri Suharmadji lebih luas mangsa pasarnya dari pada PT. Astra Internasional,Tbk Auto 2000 Kediri Hasanudin, dimana mangsa pasar yang luas hal itu akan berpengaruh pada tingkat penjualan dan pendpatan yang tinggi sehingga perusahaan membutuhkan sistem dalam pengelolaannya. Perusahaan juga harus memiliki pengendalian intern untuk mengkontrol kegiatan tersebut.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem dan prosedur penjualan dan penerimaan kas dalam mendulung pengendalian intern dengan memperhatikan unsur unsur dalam pengendalian intern yang ada. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan pada PT. Astra Internasional,Tbk Auto 2000 Kediri Suharmadji yang berlokasi di Jalan Sersan Suharmadji Kediri No. 198 Kota Kediri. Analisis data yang dilakukan yaitu menganalisis sistem dan prosedur penjualan dan penerimaan kas dalam mendukung pengendalian intern sehingga dapat mengetahui sistem dan prosedur penjualan dan penerimaan kas yang perada dalam perusahaan sudah mendukung pengendalian intern belum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem dan prosedur penjualan dan penerimaan kas yang ada dalam p\PT Astra Internasional,Tbk Auto 2000 Kediri Suharmadji sudah baik Namun masih terdapat kelemahan pada struktur organisasikurang adanya fungsi akuntansi, sistem otorisasi dan pencatatan adanya keterlampatan dalam pencatatan bukti pembayaran serta administrasi unit terlambat dalam pencatatan SPK, Praktek yang sehat terdapat penulisan identitas para pelanggan yang kurang lengkap, kecakapan pegawai yang kurang disipli dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Saran atau perbaikan yang dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi PT. Astra Internasional,Tbk Auto 2000 Kediri Suharmadji yaitu menambah fungsi akuntansi agar data yang dibutuhkan pihak yang memiliki kepentingan akurat, pencatatn dilakukan setiap hari agar informasi ter up date,koreksi identitas pelanggan sebelum pembuatan dokumen pelanggan serta adanya tindakan tegas untuk pegawai yang kurang disiplin agar sistem dan prosedur penjualan dan penerimaan kas dapat mendukung pengendalian intern yang ada.