Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sayur Wortel Organik
Main Author: | Simangunsong, Aprina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/6511/ |
Daftar Isi:
- Pada saat ini konsumen semakin cerdas dan selektif dalam memilih produk yang akan dibeli dan dikonsumsi. Seiring semakin cerdasnya konsumen dan semakin bertambahnya pilihan produk yang ada di pasar, menimbulkan persaingan yang ketat antar produsen dalam usaha memperebutkan perhatian konsumen yanga ada di pasar untuk membeli produknya. Karakteristik responden pada perilaku konsumen akan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap suatu barang atau jasa. Keputusan konsumen dalam pembelian suatu produk atau jasa sangat beragam dikarenakan konsumen memiliki perilaku yang berbeda-beda terhadap setiap produk atau jasa yang dibutuhkan. Sayur organik adalah salah satu produk yang menjadi pilihan konsumen di dalam keputusan pembelian. Sayuran organik memiliki keunggulan yaitu mengandung vitamin, protein, mineral, serat, karbohidrat dan air yang sangat berguna bagi tubuh serta tidak mengandung senyawa beracun yang dapat mengganggu kesehatan manusia Keunggulan sayuran organik yang meningkat maka akan semakin meningkat pula produksi sayuran organik yang dijual. Namun semakin meningkatnya produksi sayuran organik, pembelian terhadap sayuran organik semakin menurun. Pembelian sayur organik yang menurun diakibatkan karena adanya faktor dan atribut yang mempengaruhi perilaku kosnumen dalam pembelian terhadap sayur organik. Berdasarkan dari pembahasan tersebut perlu dilakukannya penelitian tentang analisis perilaku konsumen. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis atribut-atribut yang menjadi pertimbangan konsumen dan menganalisis perilaku konsumen terhadap sayur organik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juni 2017. Lokasi penelitian pada Mall X Kota Malang dipilih berdasarkan pertimbangan bahwa Kota Malang salah satu kota yang menghasilkan sayuran organik dan dipasarkan di Mall X. Penentuan responden menggunakan accidental sampling, dengan teknik penentuan sampel berdasarkan ketidaksengajaan yaitu konsumen yang secara tidak sengaja bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel dengan kriteria yang tepat sebagai sumber data. Metode analisis yang digunakan adalah uji statistik inferensial yang bertujuan untuk menganalisis atribut yang menjadi pertimbangan konsumen dalam keputusan pembelian sayur wortel organik dan analisis kuantitaif dengan menggunakan Model Sikap Multiciri Fishbein yang bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian sayur wortel organik. Penelitian ini menghasilkan atribut yang menjadi pertimbangan konsumen adalah atribut kebersihan, kesegaran dan manfaat. Atribut kebersihan dapat dipertimbangkan karena konsumen melihat sayur wortel organik yang ada pada kemasan terlihat bersih serta kemasan dan packaging terlihat tersusun rapi dan bersih. Atribut kesegaran dapat dipertimbangkan karena konsumen melihat bahwa kesegaran dari sayur wortel organik akan mempengaruhi gizi yang terkandung. Sedangkan atribut manfaat dipertimbangkan konsumen karena sayur wortel organik memiliki gizi dan manfaat yang dapat dikonsumsi oleh semua kalangan. Keputusan konsumen terhadap pembelian sayur wortel organik bersikap dengan maksud berperilaku netral. Sikap dengan maksud berperilaku netral diakibatkan karena konsumen berpendapat bahwa untuk membeli dan mengkonsumsi sayur wortel organik tidak menjadi kebutuhan pokok sehingga konsumen lebih bersikap dengan maksud berperilaku netral. Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini adalah bagi konsumen lebih memperhatikan akan pentingnya kesehatan dengan mengkonsumsi pangan organik seperti sayur wortel organik Karena dengan mengkonsumsi sayur wortel organik lebih memiliki banyak gizi dan manfaat demi menjaga kesehatan dengan cara mengkonsumsi sayur organik yang menjadi kebutuhan setiap konsumen.