Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Pelayanan Perizinan Di Kecamatan Singosari)

Main Author: Triastuti, Resa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/6468/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan atas dasar adanya permasalahan mengenai pelaksanaan kebijakan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Singosari. Permasalahan tersebut yakni kurangnya komunikasi yang dilakukan Kecamatan Singosari kepada masyarakat diwilayahnya. Sehingga masih terdapat masyarakat yang tidak mengetahui mengenai kebijakan PATEN. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini difokuskan pada tiga hal: pertama, implementasi kebijakan PATEN dengan menggunakan empat isu pokok kebijakan efektif meliputi komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi. Kedua, dampak implementasi kebijakan PATEN dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik menggunakan lima indikator kualitas pelayanan meliputi tangibles, reliability, responsiviness, assurance dan empathy. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model milles, huberman dan saldana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi kebijakan PATEN memang kurang maksimal. Dikarenakan masih terdapat masalah mengenai komunikasi antara pihak kecamatan dengan masyarakat. Komunikasi yang berjalan hanya sebatas penginformasian secara langsung kepada masyarakat yang berada diruangan PATEN serta menggunakan media yang dipasang diruangan PATEN. Hal tersebut mengakibatkan komunikasi yang terjalin tidak menyeluruh. Kemudian mengenai dampak implementasi kebijakan PATEN dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kecamatan Singosari dapat dikatakan cukup baik, karena untuk kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas diruangan sudah sesuai dengan syarat penyelengaraan PATEN, serta terdapat keinginan dari petugas untuk memberikan pelayanan dengan cukup baik. Hanya saja, masih terdapat kendala pada sistem komputer dan jaringan internet yang terkadang mengalami kerusakan secara teknis. Saran penelitian ini adalah optimalisasi sosialisasi kebijakan PATEN kepada masyarakat, peningkatan kapasitas sumberdaya aparatur, peningkatan saranan dan prasaranan khususnya pada komputer dan jaringan internet, serta ada baiknya disediakan mobil pelayanan untuk menjangkau masyarakat yang tinggal jauh dari kantor Kecamatan Singosari.