Pengaruh Brand Community Terhadap Brand Loyalty Melalui Value Creation Practice Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Komunitas Merek Nikon Team)
Main Author: | Putro, Bagus Setio Widiyo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/6414/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand community terhadap brand loyalty yang dimediasi oleh praktik value creation practice produk Nikon pada komunitas merek Nikon Team. Penelitian explanatory ini menjelaskan hubungan kausal antara variabel melalui pengujian hipotesis.Sampel penelitian ini adalah 150 anggota komunitas Nikon Team yang telah bergabung minimal 3 bulan di dalam komunitas, yang terpilih sebagai responden. Pengujian hipotesis dilakukan melalui uji t. Data dianalisis melalui analisis regresi linier berganda yang menggunakan SmartPLS 3.0. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini , dapat disimpulkan dalam penelitian ini pengujian dengan t-statistik brand community terhadap brand loyalty sebesar 5.740. t-statistik hubungan antara brand community terhadap value creation practice sebesar 10.198. Nilai hubungan t-statistik antara value creation practice terhadap brand loyalty sebesar 6.065 dan nilai t-statistik pada uji sobel adalah 6.125 semua variabel sehingga lebih besar dari nilai t-tabel yang bernilai 1,96. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa r2 nilai variabel brand loyalty adalah 0,507 yang berarti bahwa brand loyalty yang dipengaruhi oleh brand community adalah 50,7% dan variabel value creation practice adalah 0,419 yang berarti bahwa value creation practice dipengaruhi oleh brand community sebesar 41,9%.