Kota Malang sebagai Destinasi Wisata Halal: Mitos Kontroversi antara Dakwah dan Bisnis
Main Author: | Sari,, Qurnia Indah Permata |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/638/1/Qurnia%20Indah%20Permata%20Sari.pdf http://repository.ub.ac.id/638/ |
Daftar Isi:
- Pariwisata halal diprediksi akan tumbuh 100 persen lebih cepat daripada pariwisata konvensional, sehingga kota dan provinsi berlomba-lomba untuk menjadi wisata halal, tidak semua kalangan bisnis menerima dengan adanya wisata halal terutama kalangan bisnis konvensional yang diminta untuk mengubah konsepnya menjadi wisata halal. Studi ini berfokus untuk mengetahui mitos perdebatan rumusan kebijakan wisata halal antara kalangan dakwah dan kalangan bisnis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebagai prosedur pendekatan penelitian, serta digali melalui observasi non-partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Dengan menggunakan studi kualitatif penelitian ini menemukan bahwa Kota Malang layak menjadi destinasi wisata halal berdasarkan potensinya, mitos kontroversi antara dakwah dan bisnis antara kalangan dakwah dan kalangan bisnis terjadi karena perbedaan pandangan mengenai sosialisasi wisata halal, standarisasi wisata halal dan proses pembuatan logo halal. Desain kebijakan yang relatif diterima oleh semua kalangan adalah kewajiban menerapkan wisata halal sesuai dengan standar aturan yang sudah ditetapkan bagi pengelola bisnis wisata syari‟ah. Sedangkan bagi pengusaha konvensional tidak harus menerapkan standar aturan yang sudah ditetapkan.