Model Pemberdayaan Masyarakat Dalam Nutrition Club Herbalife (Studi Kasus pada Nutrition Club di Kota Malang Jawa Timur)

Main Author: Afandi, Hendra Retno
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/6366/
Daftar Isi:
  • Program Pemberdayaan Masyarakat pada Nutrition Club adalah salah satu program yang dilakukan oleh anggota Member Herbalife pada suatu tempat Nutrition Club sebagai upaya untuk membangun kemandirian masyarakat khususnya masyarakat anggota Herbalife untuk selalu hidup sehat dan aktif. Pemberdayaan masyarakat memegang peranan penting dalam pengembangan suatu Nutrition Club atau bisa disebut dengan rumah sehat. Pemberdayaan masyarakat pada dasarnya merupakan proses untuk membuat masyarakat menjadi berdaya. Pengembangan kapasitas masyarakat adalah bentuk dari upaya pengembangan pengetahuan, sikap dan keterampilan masyarakat agar dapat berperan serta aktif dalam menjalankan pembangunan secara mandiri dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan program pemberdayaan masyarakat dalam Nutrition Club Herbalife; 2) Mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi program pemberdayaan masyarakat dalam Nutrition Club Herbalife; 3) Mendeskripsikan strategi pemberdayaan masyarakat dalam Nutrition Club Herbalife; 4) Menganalisi hubungan antara program pemberdayaan masyarakat dengan strategi pemberdayaan masyarakat dalam Nutrition Club Herbalife; 5) Menganalisis tingkat perubahan masyarakat dalam Nutrition Club Herbalife; 6) Menganalisis tingkat kesejahteraan masyarakat dalam Nutrition Club Herbalife. Jenis pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode penentuan lokasi penelitian ini adalah purposive sampling. Metode penentuan responden menggunakan survei. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis Chi-Square. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa: 1) Program pemberdayaan yang terdapat pada Nutrition Club TVC yaitu program pemberdayaan Nutrition Club, Langsung, dan Online. Dari ketiga program tersebut yang paling dominan yaitu program pemberdayaan Nutrition Club dengan nilai sebesar 46,67%; 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi program pemberdayaan yang paling dominan berpengaruh adalah faktor internal yakni usia dengan nilai sebesar 53,33% Dan faktor eksternal yakni kondisi pendidikan dengan nilai sebesar 46,67%; 3) Strategi pemberdayaan yang paling dominan dalam program pemberdayaan yaitu strategi promosi dengan nilai sebesar 53,33%. Hal ini dikarenakan dengan dilakukannya promosi maka proses penjualan produk Herbalife dan proses untuk memberikan informasi mengenai Herbalife dapat berjalan dengan lancar dan baik; 4) Hasil strategi pemberdayaan dengan program Nutrition Club menunjukkan bahwa semua nilai x2 hitung masing-masing strategi > x2 tabel. Hasil strategi pemberdayaan dengan program pemberdayaan Langsung menunjukkan bahwa semua nilai x2 hitung masing-masing strategi < x2 tabel. Dan hasil dari strategi pemberdayaan dengan program pemberdayaan Online menunjukkan bahwa hanya pada strategi promosi berhubungan dengan program Online yang menghasilkan nilai x2 hitung sebesar 10,104; 5) Tingkat perubahan yang diraskaan masyarakat setelah mengikuti program pemberdayaan yaitu perubahan kesehatan dengan nilai perubahan 33,33% dan nilai perubahan ekonomi sebesar 40%; 6) Tingkat kesejahteraan yang diraskaan masyarakat setelah mengikuti program pemberdayaan yaitu kesejahteraan kesehatan dan ekonomi sebesar 40%. Saran yang dapat diberikan bagi penelitian tentang model pemberdayaan masyarakat dalam Nutrition Club ini adalah: 1) Diperlukan sosialisasi yang kuat mengenai program pemberdayaan masyarakat. Sosialisasi tersebut dalam bentuk informasi mengenai sistem Herbalife. Sosialisasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, cara tersebut diantaranya yaitu dengan metode Nutriton Club, Langsung, dan Online. Dengan memanfaatkan metode tersebut dengan baik maka hasil program pemberdayaan akan lebih baik lagi. selain itu metode tersebut untuk menemukan konsumen baru dalam hal mengikuti program pemberdayaan pada Nutrition Club TVC; 2) Strategi pemberdayaan pada program pemberdayaan harus lebih diperbaiki supaya kegiatan strategi pemberdayaan bisa membuat masyarakat lebih senang dengan produk-produk Herbalife. Sosialisasi program harus terus dilakukan supaya masyarakat mengetahui dengan jelas sistem Herbalife, promosi produk harus diakukan setiap hari, dan pelatihan mengenai Herbalife harus terus dilakukan supaya masyarakat mendapatkan perubahan yang diinginkan dalam kehidupanya.