Pengaruh Dimensi Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Kopituang Malang
Main Author: | Fauzi, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/6340/ |
Daftar Isi:
- Dengan banyaknya pasar yang ada, membuat berbagai coffee shop (kedai kopi) berlomba menawarkan berbagai sajian kopi yang berbeda untuk menarik minat konsumen untuk mampir menikmati secangkir kopi yang disajikan. Salah satu konsep yang ditawarkan untuk menarik minat konsumen ialah metode seduh manual brew atau metode seduh sederhana. Metode ini merupakan metode yang masih jarang dipakai oleh berbagai coffee shop (kedai kopi) di Malang namun sudah di aplikasikan di Kopituang sebagai metode saji untuk kopi yang ditawarkan. Kopituang merupakan salah satu kedai kopi yang menawarkan konsep manual brew atau seduh sederhana dengan varian kopi nusantara di Malang. Konsep ini memberikan kesan yang unik kepada konsumen karena proses penyeduhan kopi dapat dilihat langsung sehingga terjadi interaksi ketika seduh kopi dilakukan. Kopituang juga menggambarkan kepada konsumen bahwa untuk menikmati secangkir kopi yang enak tidak selalu harus bayar mahal. Kopituang menerapkan teori Relationship Marketing dalam menjalankan bisnisnya, yaitu dengan membangun dan menjaga hubungan antara pelanggan dan pihak-pihak lain agar dapat memperoleh manfaat, sehingga tujuan dari masingmasing pihak dapat tercapai dan pengunjung akan melakukan pembelian ulang di Kopituang atau disebut loyalitas pelanggan. Menggunakan teori relationship marketing kita dapat lebih dekat dengan konsumen dengan membangun dan memahami perilaku dari konsumen. Teori ini melihat kepercayaan, komitmen, komunikasi dan penanganan masalah sebagai variabel untuk mengukur sejauh mana loyalitas dari pelanggan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas relationship marketing yaitu kepercayaan (X1), komitmen (X2), komunikasi (X3), dan penanganan masalah (X4) terhadap loyalitas pelanggan (Y) Kopituang sebagai variabel terikat secara simultan. penelitian ini juga terbukti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas relationship marketing yaitu kepercayaan (X1), dan komunikasi (X3) terhadap loyalitas pelanggan (Y) Kopituang sebagai variabel terikat secara parsial sedangkan variabel komitmen (X2), dan penanganan masalah (X4) sebagai variabel bebas tidak memberikan pengaruh terhadap loyalitas pelanggan (Y) Kopituang sebagai variabel terikat secara parsial. Hasil yang didapat dari penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik untuk melihat pengaruh dari setiap variabel terhadap loyalitas baik secara parsial maupun simultan.