Implementasi e-Government melalui Qlue dalam Penyelenggaraan Layanan Pengaduan Masyarakat (Studi pada Kelurahan Kelapa Dua dan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta)
Main Author: | Anggoro, Diko Bagus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/6321/ |
Daftar Isi:
- Praktik penyelenggaraan Pelayanan Publik yang belum berjalan dengan baik memerlukan adanya keterlibatan masyarakat dalam proses pembenahannya dengan membuka akses bagi masyarakat dalam memberikan kritik dan saran melalui pengaduan masyarakat. Pengaduan masyarakat konvesional melalui penyediaan kotak kritik dan saran di kantor pemerintahan tidak lagi efektif dan memberikan kepuasan pada masyarakat. Qlue merupakan Aplikasi berbasis smartphone yang disediakan Provinsi DKI Jakarta melalui kerjasamanya dengan PT.Qlue Performa Indonesia dan di peruntukkan bagi seluruh masyarakat untuk melaporkan berbagai permasalahan pelayanan publik dan pembangunan yang terjadi di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif, dimulai dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah implementasi e-Government melalui Qlue dalam Penyelenggaraan Layanan Pengaduan Masyarakat serta faktor pendukung dan penghambat implementasi e- Government melalui Qlue dalam Penyelenggaraan Layanan Pengaduan Masyarakat di Kelurahan Kelapa Dua dan Dinas Komuinkasi Informatika dan Statistik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi e- Government melalui Qlue dalam penyelenggaraan layanan pengaduan masyarakat ditinjau dari segi support sudah baik namun terkendala dalam alokasi sumberdaya petugas Dinas Perhubungan dan Satpol PP, ditinjau dari segi capacity sudah baik namun masih terkendala dengan smartphone bagi admin Jakarta Smart City dan dari segi value masyarakat dan Pemerintah merasakan manfaat dari hadirnya Qlue. Dalam implementasi di jumpai faktor pendukung dari implementasi e-Government melalui Qlue ini adalah komitmen pemimpin dan petugas PPSU yang responsif. Adapun faktor penghambatnya adalah kendala teknis Aplikasi CROP, pengembangan Aplikasi Qlue dan mis-koordinasi antar SKPD.