Pengaruh Penerapan Experiential Marketing Terhadap Loyalitas (Survei Pada Pelanggan Kober Mie Setan, Soekarno Hatta, Kota Malang)
Main Author: | Cahyani, Kartika Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/6269/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan menguji dan menjelaskan pengaruh secara simultan (bersama-sama) dan parsial Experiential Marketing terhadap Loyalitas pada Pelanggan Kober Mie Setan, Soekarno Hatta, Kota Malang. Variabel independen pada penelitian ini ialah Panca Indera (X1), Perasaan (X2), Pikiran (X3), Tindakan (X4), dan Hubungan (X5). Variabel dependen pada penelitian ini ialah Loyalitas Pelanggan (Y). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel 115 orang Pelanggan Kober Mie Setan, Soekarno Hatta, Kota Malang. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Panca Indera (X1), Perasaan (X2), Pikiran (X3), Tindakan (X4), dan Hubungan (X5) berpengaruh signifikan secara simultan (bersama-sama) terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) yang dapat dilihat dari nilai sig. F (0,000) < sig. α (0,05) dan nilai Adjusted R Square sebesar 0,540 atau 54%. Hal ini menunjukkan bahwa Experiential Marketing yang terdiri dari variabel Panca Indera (X1), Perasaan (X2), Pikiran (X3), Tindakan (X4), dan Hubungan (X5) sebesar 54% dapat mempengaruhi Loyalitas Pelanggan (Y). Secara parsial, Panca Indera (X1) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) dengan nilai sig. t (0,038) < sig. α (0,05), Perasaan (X2) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) dengan nilai sig. t (0,024) < sig. α (0,05), Pikiran (X3) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) dengan nilai sig. t (0,026) < sig. α (0,05), Tindakan (X4) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) dengan nilai sig. t (0,042) < sig. α (0,05), dan Hubungan (X5) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) dengan nilai sig. t (0,035) < sig. α (0.05).