Vocabulary Teaching Techniques in Pelita Bangsa Junior High School

Main Author: Rahmita, Warda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/625/1/WARDA%20RAHMITA.pdf
http://repository.ub.ac.id/625/
Daftar Isi:
  • Vocabulary atau kosa kata Bahasa Inggris memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris. Vocabulary merupakan salah satu komponen yang dapat mendukung 4 keterampilan berbahasa yaitu berbicara, menulis, membaca, dan mendengarkan. Penguasaan vocabulary menjadi suatu keharusan bagi murid/pelajar yang berproses untuk mempelajari Bahasa Inggris. Teknik yang digunakan oleh guru untuk mengajar vocabulary memiliki peranan penting didalamnya untuk membantu meningkatkan kemampuan murid. Oleh karena itu, studi ini bertujuan untuk meneliti teknik yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris dalam mengajar siswa kelas 7 di SMP Pelita Bangsa dengan merumuskan pertanyaan berupa: Teknik yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris dalam mengajar vocabulary di SMP Pelita Bangsa. Dalam penelitian ini, metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan teknik yang digunakan oleh guru. Peneliti menggunakan observation checklist dan juga interview guideline dalam mengumpulkan data. Observation checklist ditujukan untuk membantu jalannya proses observasi dikelas. Sedangkan, interview guideline digunakan untuk melaksanakan proses interview dengan subyek yaitu guru Bahasa Inggris kelas 7. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwasannya guru Bahasa Inggris mengimplementasikan 2 teknik dalam mengajar, yaitu: 1) Teknik Visual 2) Teknik Verbal. Dua teknik tersebut diaplikasikan dengan tujuan agar membantu para siswa dalam proses pembelajaran. Sesuai dengan hasil penelitian, juga ditemukan bahwa guru Bahasa Inggris memiliki pengalaman dan pengetahuan yang mendalam mengenai teknik mengajar vocabulary sehingga hal tersebut sangat mendukung proses belajar mengajar itu sendiri agar berjalan secara efektif. Dari beberapa hasil temuan dapat disimpulkan bahsa guru Bahasa Inggris di SMP Pelita Bangsa menggunaka 2 teknik dalam mengajar vocabulary kepada siswa kelas 7. Diharapkan hasil studi ini dapat menjadi parameter bagi para guru dan menjadi rujukan bagi peneliti di masa yang akan datang.