Pengaruh Persepsi Kegunaan Dan Kemudahan Terhadap Intensitas Perilaku Dikalangan Wajib Pajak (Studi Atas Pengguna E-Filing Pada KPP Pratama Blitar)
Main Author: | Indrianto, Rendy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/6197/ |
Daftar Isi:
- e-Filing adalah suatu cara penyampaian SPT atau Pemberitahuan Perpanjangan SPT Tahunan yang dilakukan secara on-line yang real time melalui website DJP atau Penyedia Jasa Aplikasi atau Application Service Provider (ASP). Dengan penggunaan teknologi informasi dalam perpajakan diharapkan mampu meningkatkan intensitas perilaku, baik dari segi kualitas maupun waktu sehingga lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lagi lebih mendalam mengenai variabel-variabel yang dapat mempengaruhi intensitas perilaku. Variabel-variabel bebas ini mengacu pada Technology Acceptance Model (TAM) yaitu terdapat dua komponen yang dapat mempengaruhi intensitas perilaku yaitu persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sejumlah 100 orang responden wajib pajak pengguna e-Filing yang terdaftar di Kantor pelayanan Pajak Blitar. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama dan dalam konteks bersama-sama pada variabel persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan terhadap intensitas perilaku wajib pajak pwngguna e-Filing. Variabel persepsi kemudahan mempunyai nilai t hitung dan koefisien beta yang paling besar, dengan demikian Direktorat jenderal pajak selaku penyedia system e-Filing harus senantiasa meningkatkan kualitas dari system e-Filing tersebut supaya intensitas wajib pajak dalam menggunakan e-filing terus mengalami peningkatan.