Oleh Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Minuman Sari Buah Apel
Main Author: | Kurnia, M Arief Rindang |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/6186/ |
Daftar Isi:
- Potensi Kota Batu sebagai produsen apel terbesar di Jawa Timur berdampak kepada perkembangan industri pengolahan apel yang semakin meningkat. Banyaknya industri pengolahan apel di Kota Batu menjadikan persaingan pada bidang ini semakin kompetitif. Berbagai produk olahan apel tercipta dan dijual di masyarakat, salah satunya adalah sari apel. Sari apel BROSEM merupakan salah satu merek sari apel yang diperjual-belikan di masyarakat. dalam perkembangannya sebagai industri pengolahan apel, sari apel BROSEM menemui berbagai tantangan, salah satunya adalah tantangan produk dari kompetitor. Untuk mempertahankan posisi sari apel BROSEM di pasar, diperlukan sebuah strategi pemasaran yang mumpuni. Terdapat berbagai strategi pemasaran yang ada, salah satu strategi pemasaran yang dapat diterapkan adalah dengan menguatkan ekuitas merek suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh secara bersama-sama dan parsial dari variabel ekuitas merek (brand equity) yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian konsumen produk minuman sari buah apel dengan merek BROSEM serta untuk mengetahui variabel apa yang memiliki kontribusi paling besar (dominan) terhadap keputusan pembelian sari apel BROSEM dari keempat variabel ekuitas merek tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang dengan syarat menjadi sampel adalah pernah mengkonsumsi produk minuman sari buah apel merek BROSEM dalam kurun waktu 6 bulan terakhir. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner yang disebarkan kepada responden yang melakukan pembelian sari apel BROSEM di lokasi. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda yang diolah menggunakan software SPSS ver.16 for windows. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa ekuitas merek yang terdiri dari variabel kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek minuman sari apel BROSEM memberikan pengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian konsumen. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai