Pelaksanaan Inovasi Pelayanan Publik HoT (Hospital on Tablet) (Studi Pada Rumah Sakit Paru Kecamatan Patrang Kabupaten Jember)

Main Author: Shandy, Mega Kaloka
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/6179/
Daftar Isi:
  • Rumah Sakit Paru Jember adalah salah satu Rumah Sakit di Indonesia yang menerapkan sistem manajemen berbasis teknologi. Adanya sistem HoT (Hospital on Tablet) akuntabilitas, pendapatan, dan kualitas pelayanan meningkat pesat. Rumah Sakit Paru Jember awalnya menggunakan SIMRS yang kemudian diganti dengan adanya HoT (Hospital on Tablet). SIMRS dirasa tidak efektif dan efisien karena banyak menggunakan kertas. Adanya HoT merupakan suatu inovasi dari pelaksanaan pelayanan publik yang di terapkan di Rumah Sakit Paru Jember. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini berada di Kabupaten Jember. Fokus dari penelitian ini yaitu, 1) pelaksanaan inovasi pelayanan publik hot (hospital on tablet) di Rumah Sakit Paru Jember Kecamatan Patrang Kabupaten Jember, 2) faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan inovasi pelayanan publik HoT (Hospital on Tablet). Analisis data yang digunakan adalah model interaktif dari Miles, Huberman dan Saldana dengan tahapan koleksi data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, pelaksanaan inovasi pelayanan publik HoT sudah berjalan dengan baik. Hal tersebut ditunjukkan oleh pembinaan, pelatihan, dan penjaminan pendanaan yang difasilitasi oleh pihak Rumah Sakit Paru Jember dan berhasil menjadi Rumah Sakit yang mampu menerapkan aplikasi menggunakan tablet. Penerapan HoT (Hospital on Tablet) sangat memberikan kepuasan bagi pasien dalam bidang pelayanan publik. Pelayanan yang diberikan dengan adanya HoT juga sangat membantu pegawai dalam pengisian data pasien. Hasil implementasi dari pelaksanaan inovasi tersebut juga tidak lepas dari faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan inovasi pelayanan publik HoT di Kabupaten Jember.