Penerapan Standar Perpustakaan Sekolah Berdasarkan SNI 7329:2009 (Studi pada Perpustakaan MTsN Jambewangi dan Perpustakaan SMPN 1 Kesamben)

Main Author: Hidayah, Anifatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/6138/1/Anifatul%20Hidayah.pdf
http://repository.ub.ac.id/6138/
Daftar Isi:
  • Perpustakaansekolah mempunyai peran penting dalam meningkatkan mutu belajar mengajar di sekolah. Agar peranan perpustakaan tercapai dan tujuan pendirian perpustakaan terlaksana dengan baik, maka perpustakaan harus mempunyai acuan dalam pengelolaan perpustakaan. Salah satu acuannya adalah SNI 7329:2009. Tujuan dari penelitian ini adalah adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisi penerapan SNI 7329:2009 tentang Perpustakaan Sekolah di perpustakaan MTsN Jambewangi dan perpustakaan SMPN 1 Kesamben, serta membandingkan analisi komparatif penerapan SNI 7329:2009 di perpustakaan MTsN Jambewangi dan perpustakaan SMPN 1 Kesamben, serta faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan SNI 7329:2009 di perpustakaan MTsN Jambewangi dan SMPN 1 Kesamben. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data interaktif Miles and Hubermen dan Saldana, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Perpustakaan MTsN Jambewangi dalam Penerapan SNI dikatakan sudah baik. Dari 11 indikator SNI yang diteliti, perpustakaan MTsN Jambewangi memenuhi 8 indikator, yaitu koleksi, pengolahan bahan pustaka, perawatan, penyelenggaraan perpustakaan, ruang, anggaran, teknologi informasi dan komunikasi serta kerjasama. 3 indikator lain yang belum terpenuhi adalah sumberdaya manusia, layanan, dan perabot dan peralatan. Sedangkan penerapan SNI 7329:2009 di perpustakaan SMPN 1 Kesamben juga bias dikatan baik.Dari 11 indikator yang diteliti, perpustakaan SMPN 1 Kesamben juga memenuhi 8 indikaor. Namun ada perbedaan indikator yang terpenuhi antara perpustakaan MTsN Jambewangi dan SMPN 1 Kesamben.8 indikator yang terpenuhi di perpustakaan SMPN 1 Kesamben adalah koleksi, perawatan koleksi, penyelenggaraan perpustakaan, ruang, perabot dan peralatan, anggaran, teknologi informasi dan komunikasi, serta kerjasama. 3 indikator yang belum terpenuhi adalah pengolahan perpustakaan, sumber daya manusia, dan layanan perpustakaan. Faktor pendukung penerapan SNI 7329:2009 di kedua perpustakaan tersebu tadalah partisipasi dari siswa dan guru dalam penggunaan perpustakaan viii sebagai media pembelajaran, kerjasama yang dijalin, baik internal maupun eksternal. Sedangkan untuk factor penghambat di kedua perpustakaan tersebut adalah minimnya dana untuk pengembangan perpustakaan, dan sumber daya yang ahli di bidang perpustakaan sangat minim.